Tanya Jawab

PENJELASAN UMUM

Apa itu Begadang film making competition?
Sebuah kompetisi pembuatan film pendek dalam waktu 34 jam. Dimulai jam 8 pagi sampai dengan esok harinya jam 6 sore.Dalam batas waktu ini, film harus sudah selesai/final dan terkirim melalui transfer online ke Minikino.
Apakah film boleh dikirim melalui pos atau diantar langsung?
TIDAK. Peraturan transfer online berlaku mutlak untuk semua peserta. Walau tetangga sekalipun.
Siapa saja yang boleh mengikuti kompetisi?
Setiap filmmaker Indonesia bersama kelompok produksinya yang harus mendaftarkan diri dan melunasi biaya pendaftaran.
Dimana peserta harus berkumpul dan membuat film?
Pembuatan film dilakukan di mana saja, atau di masing-masing wilayah kelompok peserta.
Film jenis apa yang boleh dibuat?
Film fiksi; live action dan/atau animasi, film eksperimental juga boleh.
Film tentang apa yang boleh dibuat?
Sekreatif mungkin, dengan genre dan gaya pembuatan film apapun; Cerita yang kreatif dengan menggunakan semua elemen audio visual yang diwajibkan.
Hadiahnya apa?
FESTIVAL PASS, penginapan untuk menghadiri International Awarding dan CLosing event Minikino Film Week, Bali International Short Film Festival dan hadiah uang tunai.
Bagaimana panitia memastikan produksi film memang dibuat saat itu?
Ada elemen-elemen wajib tapi dirahasiakan, yang akan diumumkan tepat jam 8 pagi pada hari H kompetisi. Cerita bisa dikembangkan dengan bebas dan kreatif, namun elemen-elemen rahasia ini WAJIB digunakan dalam cerita film. Elemen-elemen ini bisa berupa warna baju, benda tertentu, sebuah kalimat, sepotong lagu atau kombinasi dari semuanya. Elemen-elemen yang dipaksakan pasti dirasakan juga oleh tim juri. Kreatifitas pengembangan cerita dan produksi film dengan menggunakan elemen-elemen wajib ini adalah salah satu pertimbangan penilaian yang cukup penting.

MENGENAI PENDAFTARAN

Berapa biaya pendaftarannya?
Rp. 150.000,- per kelompok peserta. Biaya lain? Silahkan digunakan untuk membiayai produksi masing-masing.
Apa yang dimaksud dengan ELEMEN AUDIO VISUAL?

Ini elemen yang dirahasiakan, untuk menjaga supaya kamu tidak bisa mendahului waktu produksi. Elemen ini bisa berupa pertanyaan untuk memancing ide cerita, bisa juga satu karakter yang wajib ditampilkan, kalimat yang wajib diucapkan dan petunjuk visual atau audio tertentu. Rahasia ini dibuka tepat jam 8 pagi WITA secara serentak untuk seluruh peserta, untuk mulai menyususun cerita dan rencana produksi.

Apakah ada pembatasan jumlah anggota team produksi?
TIDAK.
Siapa dari tim produksi yang boleh mendaftarkan?
Kamu yang dalam produksi ini akan berstatus produser/penanggung jawab produksi atau sutradara, dan memiliki KTP atau Paspor Indonesia. Kamu yang akan menjadi kontak utama dalam lomba ini.
Kami belum lulus SMA, boleh ikutan?
Karena menyangkut produksi yang semalam suntuk, bahkan mungkin sampai pagi, persyaratan usia minimum adalah 17 tahun. Atau harus memiliki pendamping dewasa, baik orang tua atau guru pembimbing. Penanggung jawab produksi dianggap sebagai produser dan menjadi kontak utama dengan penyelenggara.
Siapa saja yang boleh menjadi anggota tim produksi?
Siapa saja; yang sukarela mau mendukung kompetisi ini. Anggota tim seharusnya tidak disikapi sebagai profesional/pekerja, tapi yang ikut berkepentingan untuk menciptakan karya terbaik 2018!
Siapakah Dewan Juri?
komite juri dari MINIKINO, Filmmaker Nasional, Programmer Film Internasional, Kritikus Film dan Jurnalis.

 

PENJELASAN TEKNIS

Berapa durasi film yang boleh dibuat?
5 menit maksimum atau boleh lebih pendek.
Apakah durasi maksimum 5 menit sudah termasuk kredit title?
Tidak, 5 menit ditambah dengan judul pembuka dan kredit akhir film. Ketentuan tentang title dan kredit title diberikan kepada peserta yang telah mendaftarkan diri.
Apa kriteria teknis yang mendasar dan wajib?
Film sebaiknya dibuat minimal dalam HD1080p. Output file film HD 1080p codex H264, container MP4 dan Audio stereo.
Apakah boleh menggunakan dialog bahasa selain Indonesia?
Boleh. Tapi wajib diisi subtitle Bahasa Indonesia.
Apa lagi kemampuan teknis lain yang perlu dikuasai?

Pastinya punya pemahaman dasar berkomunikasi dengan email, sebagai jalur komunikasi utama. Selanjutnya, Minikino akan membantumu memahami penggunaan wetransfer untuk pengiriman file film. Memperkenalkanmu dengan software Handbrake untuk memperkecil ukuran film film tanpa mengorbankan kualitas gambarnya. Semua ini adalah sarana yang tersedia di internet dan gratis. Pengetahuan ini juga pasti berguna untuk kepentinganmu terhubung ke berbagai festival film internasional lainnya!.

Bagaimana kalau saya punya pertanyaan lain?
Silahkan email ke begadang@minikino.org

Top