Home / Artikel / Children Program 1: Ajak Penonton Mengulik Dunia Anak-Anak

Children Program 1: Ajak Penonton Mengulik Dunia Anak-Anak

Children Program 1: Ajak Penonton Mengulik Dunia Anak-Anak

“Berada dalam dunia imajinasi membuatku bisa menjadi apapun yang ku ingin. Termasuk aku bisa berlari ketika mendapati singa dalam lemari pakaian ibuku. Aku juga bisa menyantap makanan yang tak kusuka karena imajinasiku. Aku senang dengan duniaku.”

Sekilas cerita yang dapat menggambarkan imajinasi anak-anak yang dikemas dalam film berdurasi 4 menit 20 detik. Tontonan singkat besutan Tatiana Moshkova dari Russian Federation tahun 2017 lalu mengajak penonton mewujudkan imajinasi yang biasanya hanya ada dalam kepala. Diperankan tokoh seekor buaya kecil yang asik menyelami imajinasi anak-anaknya. Film berjudul Coco’s Day, mampu divisualisasikan dengan alur cerita yang runut dan ringan. Sesederhana imajinasi tokoh Coco yang berani melewati sosok singa di hutan yang gelap.

Tidak hanya bisa menikmati dunia fantasinya Coco, dalam Children Program 1 juga akan mengajak penonton menikmati enam film bernuansa kisah fantasi. Dengan memiliki durasi yang beragam, setiap filmnya juga menampilkan nuansa alur cerita yang bervariasi. Selanjutnya, film buatan Rebecca Akoun dengan cerita The Wet Hair juga akan mengajak kita mempelajari keinginan lucu dari tokoh Sophie. Seorang anak kecil yang mengidam-idamkan memiliki rambut keriting. Sophie mengajak kita untuk memahami keinginan anak-anak yang terkadang tak mampu dipahami. Kelakuan apa adanya yang dilakukan Sophie untuk mencapai keinginannya menjadi adegan menggelitik. Usaha ini terlihat ketika adegan Sophie pergi membasahi rambutnya ketika hujan yang menyebabkan rambutnya keriting seperti keinginannya.

Setelah terhibur dengan usaha uniknya Sophie, dipersembahkan kembali kelakuan lucu lain dari film pendek yang berjudul Belly Flop. Sama seperti Sophie, film berdurasi 4 menit 52 detik menampilkan tokoh gadis kecil yang gigih memenuhi keinginannya untuk bisa berenang.

Lebih mendalam daripada nuansa kelakuan anak kecil yang ceria, melalui program film anak-anak ini, hati dan pikiran kita diketuk kembali untuk sadar bahwa imajinasi mereka adalah sebuah ketulusan. Apapun yang terngiang di pikirannya terpancar tanpa rekayasa dari raut dan kelakuan mereka. Kumpulan film pendek ini menyadarkan bahwa di balik imajinasinya, anak-anak dapat mewujudkan mimpinya dengan cukup memberikan ruang dan kesempatan mereka berekspresi.

catatan redaksi:

Saksikan Children Program 1 di Minikino Film Week 4, Festival Film Pendek Internasional di Bali, 6 – 13 Oktober 2018. Lihat jadwal tayang sepenuhnya di https://minikino.org/filmweek

Ni Ketut Juniantari. Lahir di Klungkung, 10 Juni 1997. Saat ini sedang menempuh perkuliahan semester VII di Universitas Udayana, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Aktif di Pers Akademika sebagai Pemimpin Redaksi masa bakti 2018-2019. Pernah menjadi kontributor rubrik anak muda di Jawa Pos Radar Bali.

 

Redaksi:
Siapapun boleh ikutan meramaikan halaman artikel di minikino.org.
Silahkan kirim artikel anda ke info@minikino.org. Isinya bebas, mau berbagi, curhat, kritik, saran, asalkan masih dalam lingkup kegiatan-kegiatan yang dilakukan Minikino, baik khusus atau secara umum. Agar menjadi halaman ini bisa menjadi catatan bersama untuk kerja yang lebih baik lagi ke depan.
Semua tulisan yang masuk, kalau dirasa perlu, akan melalui penyuntingan ulang. Hasil suntingan/revisi akan kami kirimkan kembali ke penulis untuk mendapatkan persetujuan. Minikino menjamin bahwa semua tulisan yang diterbitkan, adalah tulisan yang telah disetujui oleh penulisnya.
Sebelumnya, kami berterimakasih atas kerjasama semua pihak. Semoga halaman artikel ini bisa tetap dijaga bersama, dan tentu saja untuk menjadi kepentingan & kebaikan bersama.

Related post


Top