Home / Berita / DISIPLIN MENJADI KUNCI SUKSES PRODUKSI FILM

DISIPLIN MENJADI KUNCI SUKSES PRODUKSI FILM

mlmd-berita-2-minikinoBerbekal pengetahuan dan desain produksi yang telah mereka kerjakan pada sesi pra-produksi di awal phase 2, peserta MLMD 2013 Denpasar, berhasil dengan baik melalui proses shooting film mereka pada 7 dan 8 september 2013.

Dalam review sesi produksi yang dilakukan sebelum memasuki sesi editing pada 14 September 2013, terungkap bahwa semangat para peserta sangat luar biasa, terbukti mereka masih hadir lengkap, kendati telah melalui sesi produksi yag memakan waktu dan tenaga serta pikiran yang besar. Selain itu, mereka juga banyak belajar dari berbagai kekurangan, seperti; kegagalan manajemen dan koordinasi team kerja, desain produksi yang kurang sempurna yang membuat mereka bekerja ekstra keras untuk merampungkan sesi produksi. Tapi sejauh ini mereka berhasil!

Memasuki sesi editing, peserta mendapat pencerahan dari guest lecture, Ridwan Rudyanto seorang editor dan video art artist yang bermukim di Bali. Ridwan menceritakan pengalamannya menghadapi berbagai bahan baku yang harus di edit, sutradra yang memiliki berbagai gaya tersendiri, yang menuntut explorasi dan kemauan belajar yang tiada henti. Ridwan juga menekankan, kedisiplinan dalam proses pra-produksi dan produksi, baik itu desain produksi, pencatatan script, hingga penggunaan clapper, akan sangat membatu kerja seorang editor.
Seorang sutradara hendaknya mampu mentransfer ide dan gagasannya kepada seorang editor, dan editor itu sendiri juga mampu menterjemahkan ide dan gagasan tersebut, sehingga pesan dalam cerita film yang sedang dikerjakan dapat tersampaikan dengan baik.

Para peserta MLMD akan melakukan seluruh rangkaian pasca-produksi, mulai offline editing, fine editing hingga mixing dan mastering, sampai tangg 15 september 2013.

Related post


Top