Home / Indonesia Raja 2019 / EKSPRESI UTARA – Indonesia Raja 2019: Buleleng

EKSPRESI UTARA – Indonesia Raja 2019: Buleleng

EKSPRESI UTARA
Sejak bergulir program Indonesia Raja 2015 lalu, pergerakan film di Buleleng ikut tumbuh dengan bersama. Tahun ini, Indonesia Raja, secara khusus memberikan ruang untuk filmmaker Buleleng untuk menampil karya telah lama tersimpan di lumbung-lumbung kreatif yang terbangun berdasarkan semangat untuk berkreasi. Film menjadi ruang ekspresi detail tentang peristiwa kehidupan yang terjadi dibelahan utara Bali. Lima film yang terangkum dalam durasi 75.02, merupakan ekpresi filmmaker yang terlahir secara alami dan akademis. Seluruh film, dalam Indonesia Raja Buleleng 2019, mewakili setiap pergerakan yang dibangun oleh para penggiat film, dari tingkat sekolah menengah atas, perguruan tinggi, komunitas seni dan komunitas desa.

 

  • DURASI PROGRAM: 00:75:02
  • PANDUAN USIA: 13+

DAFTAR FILM


BAPE

Putu Satria Kusuma / Buleleng / 2015/ 20:40 / Fiksi

Kisah seorang anak bernama Gede Bangsa yang terobsesi mengetahui wajah ayahnya yang meninggal ketika ia masih bayi, sedangkan ibunya tidak memiliki foto ayahnya.


SALAH JALAN

I Dewa Ketut Agus Adiwijaya/ Singaraja / 2017 / 14:12 / Fiksi

Kadek adalah seorang yatim piatu yang tinggal bersama kakak kandungnya. Kehidupan yang sederhana membuatnya tidak mampu mengikuti trend seperti apa yang telah dilakukan temannya. Salah satunya penggunaaan handphone (hp). Karena keingnannya yang terlalu besar ia mengikuti jejak temannya yang memliki keadaan ekonomi yang sama tapi mampu mengikuti trend dengan jalan menjual diri. Dan dia pun bisa mengisi keinginannya. Namun akibat perbuatannya itu menyebabkan dia hamil. Akibat tidak berpikir panjang, dia mencoba meminum obat dengan harapan bisa menggurkan kandungannya. Namun naas, nyawanya pun ikut melayang. Kadek pun meninggal dunia.


KERINGAT PENEGAK

I Made Suniartika/ Singaraja / 2019 / 06.57 / Fiksi

Menceritakan seorang anak pramuka yang mendapatkan sebuah rintangan ketika hendak bepergian untuk melakukan latihan pramuka. Di perjalanan banyak rintangan yang harus dia hadapi hingga terjadi perdebatan dengan orang dan kelompok orang. Dengan segala usaha dia berhasil menghadapi rintangan tersebut. Hingga malam dia mengetahui semua tentang rintangan yang di hadapi di perjalanan.


NGANTEN (THE WEDDING)

Raditya Pandet/ Buleleng / 2017 / 22:54 / Fiksi

Gede (25 tahun) pemuda Bali, memiliki pacar bernama Adeline (25 tahun) yang berasal dari Belanda. Namun, saat Gede akan menikahinya, ia terhalang oleh perbedaan budaya.


TANGTU KAPUNAAN

Workshop Sang Karsa & Kayoman Pedawa / Singaraja / 2018 / 11:37 / Fiksi

Mereka berencana berburu di hutan. Sang Kakek menghalangi niat mereka dengan sebuah cerita masa lalu.


PROGRAMMER

Kardian-narayanaCOTECX
Kardian Narayana
Wartawan KOMPASTV saat ini bertugas di Buleleng, Bali. Cotecx mempunyai ketertarikan yang
besar pada terhadap banyak hal yang berhubungan dengan kesenian, baik tradisional maupun seni
modern. Film baginya merupakan sebuah ruang yang memberi kebebasan berekspresi.

FB: Kardian Narayana
IG : @cotecx_narayana
narayana.cotecx@gmail.com

Top