Home / Tentang Indonesia Raja

Tentang Indonesia Raja

Indonesia Raja

INDONESIA RAJA adalah salah satu dari sekian kegiatan yang diinisiasi MINIKINO. Pada tahun 2015 Minikino mengawali sebuah kolaborasi antar wilayah di Indonesia dalam bentuk pertukaran program film pendek. Jaringan kerja yang dibangun meliputi kegiatan programing film pendek serta pemutaran dan diskusi oleh para pembuat film dan programmer di masing-masing wilayah/kota yang terlibat. Secara sederhana, para programmer dari masing-masing wilayah bertugas melakukan pemilihan karya-karya film pendek dari wilayahnya untuk disusun dalam sebuah program yang utuh, lengkap dengan tema dan tulisan pengantar. Program tersebut diharapkan dapat memberikan sekelumit gambaran terkini mengenai produksi film pendek di wilayah/kota yang terlibat

INDONESIA RAJA sejak awal telah dirancang sebagai kegiatan tahunan. Kegiatan ini akan terus merangkul kelompok pembuat film, pegiat pemutaran film dan kelompok/institusi yang memiliki kepedulian terhadap film, terutama film pendek.

Perjalanan Panjang Indonesia Raja

Label INDONESIA RAJA telah melalui perjalanan panjang dalam sejarah kegiatan programing film pendek oleh Minikino. Pertama kali digunakan pada tahun 2003 sebagai judul VCD kompolasi 7 film pendek karya 7 sutradara muda Indonesia. VCD tersebut menjadi gambaran sepintas pencapaian produksi film pendek Indonesia dalam rentang tahun 2000 hingga 2003. Sebelumnya pada tahun 2002 Minikino telah menerbitkan Minikino Short 1: CANDID TRUTH.

VCD INDONESIA RAJA 2003 memiliki rekam sejarah yang penting. VCD ini merupakan program film pendek Indonesia yang pertamakali diterbitkan secara komersil dalam sejarah produksi film (pendek) di Indonesia. Capaian distribusinya dengan cara “pintu-ke-pintu” melalui jaringan kerja Minikino yang meliputi area Internasional melalui festival-festival film di Asia, Eropa dan Amerika.

Membaca Indonesia Melalui Film Pendek

Dalam ingatan kita, INDONESIA RAJA adalah judul lagu kebangsaan Republik Indonesia dalam ejaan lama. Semangat kebangsaan tersebut menginspirasi upaya kolaborasi dan dan berjejaring dalam bentuk pertukaran program film pendek Indonesia. Film pendek merupakan produk kreatif yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dan keterampilan, sehingga dengan menyaksikan serangkaian film pendek kita dapat melihat pencapaian kreatif, alih teknologi, pendidikan, kepedulian sosial, budaya dan berbagai aspek kehidupan yang terlibat dan terekam dalam sebuah film pendek. INDONESIA RAJA hadir untuk membuka kesempatan dan cara alternatif Membaca Indonesia Melalui Film Pendek.

Top