Home / Indonesia Raja 2019 / SOUND OF SILENCE – Indonesia Raja 2019: Bali

SOUND OF SILENCE – Indonesia Raja 2019: Bali

SOUND OF SILENCE
Empat film pendek dalam program ini berkaitan erat dengan diam; diam yang memicu balas dendam, diam kata, perasaan yang diam, dan sikap diam yang terkonversi karena opresi. Diam tersebut menjalar melalui kehidupan sosial, kultural dan spiritualitas para karakter dalam filmnya.

  • DURASI PROGRAM: 00:61:21
  • PANDUAN USIA: 13+

DAFTAR FILM


RONG TELU (THREE SPACES)

Gandhi Bramayusa / Denpasar / 2018 / 16:20 / Fiksi

Selama 10 tahun Ayu pergi mencari keberadaan orang tuanya, bahkan Ayu sudah menganggap orang tuanya telah tiada dengan mendoakannya di Rong Telu (sebuah tempat pemujaan Leluhur umat Hindu) hingga suatu saat ia mendapatkan sebuah pesan dari kakaknya yang akan menjelaskan semuanya.


RITA

Eka Prasetya / Singaraja / 2018 / 23:40 / Dokumenter

Nama lengkapnya, Putu Rita Erviana. Dia siswa kelas VIII di SLB Negeri 1 Buleleng. Kesehariannya lebih banyak dilakukan di asrama sekolah, karena rumahnya cukup jauh dari Kota Singaraja. Rita adalah salah satu siswa berbakat di sekolah tersebut. Dengan keterbatasan, dia berusaha menembus batas diri dengan mempelajari Tari Bali. Bagi Rita, bukan persoalan mudah mempelajari tarian Bali. Dia tak bisa mendengar suara gamelan. Rita harus menari mengikuti isyarat tangan dari Komang Srinari, pelatih tarinya di sekolah. Dalam kesunyian diri, Rita akhirnya berhasil menguasai tari Bali.


TERGILA-GILA (INSANELY INFATUATED WITH SOMEONE AT THE
MOST INAPPROPRIATE TIME )
Nirartha Bas Diwangkara / Denpasar / 2019 / 15:55 / Fiksi

Seorang anak perempuan mengalami kebangkitan seksualnya dan dorongan alami membawanya ke ketertarikan fisik pada pamannya yang menderita skizofrenia.


GIA

Irfan Thamrin / Denpasar / 2019 / 05:26 / Fiksi

Bercerita tentang GIA, perempuan berusia 28 tahun yang bekerja sebagai perawat di sebuah RS. Setelah melakukan beberapa aksi pembunuhan terhadap para lelaki yang memiliki catatan kasus kekerasan terhadap perempuan, untuk pertama kalinya ia bertemu dengan seorang detektif bernama BIMA yang telah lama membuntuti dan ingin membuka semua rahasia yang tersimpan oleh Gia.

Dalam sebuah interogasi, semua cerita dan masa lalu Gia yang kelam akhirnya terkuak. Namun, yang tetap menjadi pertanyaan besar bagi Bima adalah, apakah Gia sudah berada di titik kehidupan yang bahagia ataukah ia hanya berencana rehat sejenak untuk kembali meneruskan pencarian rasa bahagia dengan caranya tersebut?


PROGRAMMER

Rickdy-VanduwinRICK
Rickdy Vanduwin S
Selain terlibat aktif dalam organisasi yang berfokus pada isu gender, seksualitas dan HAM, juga menikmati desain grafis dan film. Memulai pengalamannya menjadi film programmer sejak tahun 2018 bersama organisasi Minikino dan festival film di Bali.

IG: @shutuprick
e: rick@gshrudayana.org

Top