Home / Tentang Indonesia Raja 2016

Tentang Indonesia Raja 2016

Berangkat dari ide yang sederhana, tapi dilakukan dengan kinerja yang konsisten, terus-menerus dipikirkan dan dikembangkan. Program berjejaring INDONESIA RAJA memasuki tahun ke-2, kali ini melibatkan kerja 17 programmer dari 15 wilayah/kota, bertambah secara jumlah daripada tahun 2015 yang lalu.

Berikut;

WILAYAH/KOTA
(urut alfabet)
JUDUL PROGRAM PROGRAMMER
ACEH INDONESIA RAJA 2016: ACEH Abdullah Syatari (Syatari)
BALI KONTEMPLASI Tria Nin (Tria)
BANDUNG ON JOURNEY Albertus Wida Wiratama (Obe)
DEPOK UFO-UNIDENTIFIED FILMING OBJECT Caren R Sabatina (Caren)
GRESIK MEMAHAMI KEHENDAK Shandy Anata M. T. (Shandy)
JAKARTA KISAH RAHASIA Septa Yudhistira Pratama (Septa) & Siti Anisah (Anis)
JATIWANGI VILLAGE VIDEO FESTIVAL Bunga Siagian (Bunga) & Ismal Muntaha (Ismal)
MALANG ANEKA RUPA WAJAH KOTA PENDIDIKAN Lizya Oktavia Kristanti (Lizya)
MEDAN RAGAM SINEMA HARI INI Ignasius Loyola W. S. (Ino)
PEKANBARU HOBI BERBUAH KARYA Sania Septiani
PURBALINGGA DARI PELAJAR UNTUK SEMUA Bowo Leksono (Bowo)
SEMARANG THE MARBLES Desmira Margi Utami (Mira)
SURABAYA TELISIK RELUNG BATIN Habibah Melyna Elfiani (Habibah)
TANGERANG FENOMENA SOSIAL DALAM FILM PENDEK Noval Badanzi (Noval)
YOGYAKARTA YANG SERING TERJADI, NAMUN JARANG DISADARI Maria Rosiana Sedjahtera (Ana)

MINIKINO bersama para programmer bekerja untuk mempertemukan film-film pendek Indonesia pada penontonnya. Dengan membingkai film-film pendek dalam sebuah program yang dirancang berdasarkan tema tertentu, bernaung dalam sebuah tema besar; agenda tahunan pertukaran program dari berbagai wilayah/kota di Indonesia, pemutaran film menjadi ringan dan menghibur untuk penonton umum, namun tetap mengandung nilai literatur yang tinggi untuk pembahasan lebih lanjut.

Seluruh proses dilakukan berbasis relawan, tim kerja MINIKINO, para programmer yang diseleksi, yang kemudian mengundang para pembuat film untuk menyertakan film pendek mereka pada proses programming.

Kini sepanjang tahun 2016, proses selanjutnya adalah mencari dan menjalin kerjasama dengan penyelenggara pemutaran di wilayahnya masing-masing; mempersiapkan ruang publik, agar penonton bisa bertemu, menonton bersama dan diharapkan memicu pertukaran ide, informasi, pengetahuan dan latar sosial-budayanya, semuanya terjadi melalui acara pemutaran film pendek yang terbuka untuk umum. Diskusi-diskusi yang terpicu dari acara menonton ini menjadi sebuah bentuk apresiasi tak ternilai bagi semua pihak yang terlibat, sekaligus memicu kesadaran dan pemikiran kritis masyarakat pada tontonannya.

Bersama para programmer Indonesia Raja 2016, MINIKINO mengundang kita semua untuk menonton dan meneliti INDONESIA RAJA dari berbagai sisi.

Catatan Koordinator

Program berjejaring INDONESIA RAJA memasuki tahun ke-2, kali ini melibatkan kerja 17 programmer dari 15 wilayah/kota, bertambah secara jumlah daripada tahun 2015 yang lalu.

INDONESIA RAJA diinisiasi MINIKINO, sejak awal dirancang sebagai agenda kerja tahunan, dengan melibatkan para programmer yang tersebar di seluruh Indonesia, untuk mempertemukan film-film pendek Indonesia pada penontonnya. Membingkainya dalam sebuah program yang dirancang dan dipikirkan berdasarkan tema tertentu, bernaung dalam sebuah tema besar; agenda tahunan pertukaran program dari berbagai wilayah/kota di Indonesia.

Seluruh proses dilakukan berbasis relawan, tim kerja MINIKINO, para programmer yang diseleksi, kemudian mengundang para pembuat film untuk menyertakan film pendek mereka pada proses programming.

Selanjutnya adalah kerjasama dengan penyelenggara pemutaran di wilayahnya masing-masing; membuka ruang publik untuk bertemu, menonton bersama dan memicu pertukaran informasi, pengetahuan dan latar budayanya melalui acara pemutaran film pendek. Diskusi yang terpicu dari acara menonton ini menjadi sebuah bentuk apresiasi tak ternilai bagi semua pihak yang terlibat.

Semua bekerja dengan semangat yang sama, memicu kesadaran dan pemikiran kritis masyarakat pada tontonannya. Minikino, bersama para programmer Indonesia Raja 2016 mengundang kita semua untuk menonton dan meneliti INDONESIA RAJA dari berbagai sisi. Terimakasih teman-teman semua, mari kita rayakan keberagaman dan terus berada dalam kebersamaan ini.

Denpasar, 11 Mei 2016

Fransiska Prihadi
MINIKINO | Koordinator program INDONESIA RAJA 2016

 

Top