Home / Minikino Open Desember

Minikino Open Desember

Merupakan kegiatan pemutaran & diskusi film pendek yang terbuka bagi pembuat film pendek lokal atau yang menyamar jadi lokal, dimana acara Open Desember tersebut diadakan. Sesuai namanya, kegiatan ini memberi kesempatan yang sempit untuk pembuat film menyertakan filmnya tanpa seleksi sama sekali – Acara hanya berjalan selama 2 jam dalam setahun, salah seorang kreator/pembuat film harus hadir saat acara dan film dengan durasi yang paling pendek akan diputar lebih dahulu!

Minikino Open Desember telah dimulai pada tahun 2003, yaitu di Irama Indah Denpasar – Bali pada 21 Desember 2003, Oktagon Gallery Jakarta pada 21 Desember 2003 dan di QB Kemang Jakarta pada 17 Desember 2003. Kegiatan Minikino Open Desember masih tetap berlangsung setiap tahun hingga saat ini.

PERSYARATAN UTAMA UNTUK KESERTAAN FILM PENDEK:

1. FILM HARUS PENDEK
Nggak lebih dari 20 menit – artinya termasuk title & creditnya. Genre, style, gaya apapun! Bebas! Yang penting; lebih dari 1 frame dan bisa diproyeksikan di layar.
2. TAYANGAN MULAI DARI DURASI TER-PEN-DEK
Ingat aturan “yang pendek baris di depan” waktu SD dulu?. YANG LEBIH PENDEK MENGGESER YANG LEBIH PANJANG dan acara dibatasi 120 menit SAJA. APAKAH RESIKONYA? (…untuk yang belum ngerti…) Gini…kalo film kamu ke-geser-geser terus sama yang lebih pendek, sampe acaranya habis, artinya film pendek kamu batal diputer.
3. KAMU HARUS PEMEGANG HAK TAYANG FILM
Dan untuk mendaftarkan film ini. DAN KAMU WAJIB HADIR, mempresentasikan film kamu.

HARAP DIPERHATIKAN JUGA

4. Formatnya paling aman pake kompresan H264, dan containernya mp4. Ini ada tutorial Handbrake untuk Kompetisi Begadang kemaren, mungkin bisa membantu: (tutorial)

5. SEKALI LAGI: Slot waktu pemutaran total adalah 120 menit, termasuk diskusi/presentasi kecil (ngga lebih dari 2 menit) di awal film. Artinya; kalau jumlah film dengan total jumlah durasinya melebihi slot acara… ada yang nggak bisa diputer. Sekali lagi mohon ini dipahami dan dimaklumi. Setelah 120 menit itu, barulah, ada diskusi gede…

Open Desember

Top