Home / Berita / On Kamera: Pitching Hari Terakhir Erasmusindocs Denpasar

On Kamera: Pitching Hari Terakhir Erasmusindocs Denpasar

d5-oncamera-Erasmusindocs-DenpasarSetelah melewati 5 hari yang “keras”, kawan-kawan peserta Documentary Development and Fundraising Training di Denpasar, merasakan air surga baru, pencerahan baru mengenai dokumenter. Terutama proses menemukan cerita dibalik fakta-fakta riset yang telah dilakukan, serta menuangkannya dalam proposal pencarian dana.

Pada dua hari terakhir, (11/7) dan (12/7), dibahas mengenai alternatif pengumpulan dana untuk membiayai sebuah produksi film dokumenter. Diantaranya Crowdfunding dan Internasional film funding, yang memiliki persyaratan-persyaratan tersendiri.

Menurut Hans Treffers, sangat sedikit proposal permintaan dana pembuatan film dokumenter dari Indonesia, yang masuk ke funding Internasional. Dia mencontohkan di IDFA, dalam kurun waktu 2005 hingga 2012, hanya ada 6 proposal dari Indonesia yang di danai. Kesempatan sesungguhnya sangat besar, karena funding-funding di Eropa lebih menyukai mendukung proyek-proyek baru dari negara berkembang seperti Indonesia.

Kendala penguasaan bahasa Internasional (Inggris) menjadi sangat terasa selama workshop berlangsung. Penguasaan bahasa Inggris menjadi sangat penting bagi filmmaker jika ingin sukses menerobos masuk ke jaringan pendanaan Internasional. Karena itu, di akhir sesi Workshop, para peserta wajib menyampaikan proposal secara lisan dalam bahasa inggris dan dilakukan di depan kamera.
d5

Related post


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Top