Home / Pemutaran Rutin / Pemutaran dan Diskusi Sebelumnya / Screening dan Diskusi: S-Express Indonesia

Screening dan Diskusi: S-Express Indonesia

Karya-karya film pendek dalam program pertukaran film pendek Asia Tenggara ini dipilih dengan pertimbangan sebagai karya-karya yang cukup representatif dari keberadaan film pendek di negara yang terlibat pada tahun 2008.

S-Express Indonesia 2008 ini adalah bagian dari rangkaian program tahunan S-Express yang merupakan ajang berjalan untuk pertukaran informasi antar pembuat film muda di negara-negara di Asia Tenggara.

S-Express diprakarsai oleh Yuni Hadi (Substation, Singapore), Amir Muhammad (Malaysian Shorts), dan Chalida Uabumrungjit (Thai Film Foundation) pada tahun 2002 dan sejak tahun 2004 Minikino ikut serta untuk memprogram bagian film pendek dari Indonesia. Pada tahun 2005, S-Express mengalami penambahan program, yaitu dari Filipina dan dari Cina.

Setelah di-premier di Jakarta International Film Festival pada tahun yang sama, program S-Express Indonesia ini kemudian berkeliling di Asia Tenggara, di negara-negara di mana jaringan kerja S-Express berada. Secara nasional, minikino kemudian membawa program ini untuk screening dan diskusi bulanan di venue-venue/komunitas-komunitas film yang menjadi partner minikino di berbagai kota di Indonesia.

MINIKINO: S-EXPRESS Indonesia 2008

Curated by Varadila/Minikino
Screening Format: Digital


sx2008-drum_lesson

Drum Lesson

Dir.: Tumpal Christian Tampubolon
Indonesia. 2008. 19 min. Korean (with English subtitles).

Seorang perempuan tua ingin belajar menabuh drum agar dia bisa bergabung dengan grup musik di gerejanya. Seorang pria muda bekas pemain drum grup metal bersedia mengajarinya. Seiring berjalannya waktu, mereka saling mengagumi satu sama lain.


sx2008-tak_kau_kunanti

Tak Kau Kunanti (Thou Shalt Not Wait)

Dir.: Riri Riza
Indonesia. 2008. 8 min. Indonesian (with English subtitles).

Fatima tiba di ibukota dengan sekotak Nasi Durian dan sejuta harapan. Ia menunggu instruksi dari SMS dan telpon singkat, sampai ia sadar bahwa dalam perjalanan ini ia kembali harus berdansa sendirian.


sx2008-pasangan_baru

Pasangan Baru

Dir.: Salman Aristo
Indonesia. 2008. 15 min. Indonesian (with English subtitles).

Ini cerita tentang kaum urban. Tentang Jakarta yang dipenuhi oleh pasangan baru. Pasangan yang bisa asing satu sama lain atau malah mengancam untuk kebanyakan orang.


sx2008-setengah_sendok_teh

Setengah Sendok Teh (Half Teaspoon)

Dir.: Ifa Isfansyah
Indonesia. 2008. 18 min. Indonesian (with English subtitles).

Seorang istri sangat mencintai suaminya. Setiap hari ia membuatkan secangkir kopi dengan gula sebanyak setengah sendok teh, tapi suaminya tak pernah puas. Sang istri tetap berusaha, karena dia sangat mencintai suaminya.


sx2008-first_nation

The First Nation in Mars

DDir.: Nala
Indonesia. 2008. 8 min. English.

Ada satu negara yang sangat bangga dengan prestasi para astronotnya yang berhasil mendarat di planet Mars. Namun setelah mereka menjelajah planet tersebut, mereka menemukan sesuatu yang mengejutkan sekaligus memalukan mereka.


minikino-hoolahoop

Hulahoop Soundings

Dir.: Edwin
Indonesia. 2008. 7 min. Indonesian (with English subtitles).

Lana (Ladya Cheryl) bermain hulahop saat menerima panggilan telepon seks. Nico (Nicholas Saputra) tidak tahu tentang hal ini, karena dia sangat mencintai Lana. Heidy, pacar Nico yang cemburu, yakin bahwa Lana menggunakan mantra khusus untuk memikat Nico. Daur ulang film thesis Joel Coen berjudul “Soundings”.


Minggu, 29 Nopember 2009, 14:00 WITA
Mini Hall Griya Musik Irama Indah
Jl. Diponegoro 114
Denpasar – Bali
tel/fax: (0361)226886 / (0361)237567
=====================================
pemutaran terbuka – tidak dipungut biaya
harap datang 15 menit sebelumnya

m i n i k i n o – your healthy dose of short films
http://minikino.org
info@minikino.org
Jl. Diponegoro 114
Denpasar, Bali 80113
Indonesia
P/F +62-361-237567

Related post


Top