Home / Pemutaran Rutin / Serial Mengenal Dokumenter: DOKUMENTER REFLEKSIF

Serial Mengenal Dokumenter: DOKUMENTER REFLEKSIF

SCREENING & DISKUSI DIGDOC 5: DOKUMENTER REFLEKSIF
Sebagai bagian ke 4 dari penayangan serial
“Mengenal Film Dokumenter, DIGDoc”
minikino-DigDoc
MENGENAI PROGRAM
Yayasan InDocs (Jakarta) bekerjasama dengan Minikino sebagai partner lokal di Denpasar mempersembahkan 6 (enam) serial Screening dan Diskusi untuk mengenal dan mengerti berbagai bentuk/gaya Film Dokumenter sepanjang sejarahnya.

ke – 6 – seri ini akan ditayangkan / screening pada jadwal-jadwal tertentu selama tahun 2014 dan mengundang siapa saja yang tertarik untuk belajar dan mengetahui lebih jauh sejarah film dokumenter, yang juga merupakan sejarah film secara umum.

Setiap seri penayangan akan dilanjutkan dengan diskusi dan disertai materi bacaan yang dibagikan.
=====================
Sabtu, 25 Oktober 2014, 19:30 – 21:30
di Minihall Griya Musik Irama Indah
Jl. Diponegoro 114, Denpasar
info@minikino.org
www.minikino.org
www.iramaindah.com
=====================

DOKUMENTER REFLEKSIF

Dokumenter refleksif tidak melihat bentuk dokumenter sebagai jendela transparan untuk melihat dunia; sebaliknya menarik perhatian kita ke bagaimana kemungkinan konstruksi cerita dalam dokumenter dibentuk sebagai representasi. Jenis dokumenter ini mempertanyakan keotentikan realitas atau kenyataan dalam film doumenter dan menjadikan jenis dokumenter ini menjadi yang paling sadar dan skeptis terhadap kata realitas itu sendiri. Rekonstruksi kejadian dimunculkan sehingga mengajak kita melihat dokumenter sebagai apa adanya yaitu sebuah konstruksi atau representasi. Kita tidak lagi mengikuti keterlibatan pembuat film dengan aktor-aktor sosialnya tetapi aktif dan ikut terlibat juga karena filmnya tidak hanya bicara tentang dunia historis tapi juga masalah dan isu di belakangnya.

Program untuk bahan diskusi:
Sabtu, 25 Oktober 2014, 19:30 – 21:30
di Minihall Griya Musik Irama Indah

DAUGHTER RITE
Michelle Citron / Amerika Serikat /1978 / 48 menit

digdoc-5 Jika dalam tipe dokumenter observasional kehadiran sutradara lebih dirasakan lewat penyusunan gambar-gambarnya (editing), dan dalam dokumenter partisipatoris kita rasakan dari kehadiran pembuat film langsung muncul di dalam film, maka dalam tipe dokumenter refleksif dalam film ini kita rasakan dari suaranya yang mencoba merekonstruksi ingatan melalui footage dari arsip. Kisah dan kesan sosok seorang ibu kita tahu dari wawancara terhadap dua perempuan yang saling coba mengingatkan tentang ibu mereka. Disanding dengan footage arsip yang memperlihatkan rekaman masa kecil mereka dengan sang ibu, dan dinarasikan. Jenis dokumenter ini adalah yang paling sadar diri dan kritis tentang fungsi dokumenter sebagai representasi atas kenyataan. Kenyataan tidak lagi merupakan suatu proses perekaman atas apa yang aktual tetapi dari rekoleksi memori atas apa yang sudah terjadi. Subyektifitas yang dihadirkan melibatkan penonton untuk mengimajinasikan pengalaman kedua perempuan tersebut akan sosok ibu mereka.

Jenis dokumenter ini, khususnya film ini dengan sadar memasukkan unsur fiksi. Anggapan bahwa dokumenter adalah untuk merekam kenyataan dikaburkan dengan memakai jasa aktor memerankan subyek-subyeknya. Hal ini membuat kita bertanya akan keotentikan dokumenter secara umum, kebenaran seperti apa yang diungkap oleh film dokumenter dan bagaimana dokumenter berbeda dengan film yang telah diskenariokan atau diatur dengan storyboard.

# Bagaimana film ini berbeda dengan tradisi dokumenter jurnalistik yang sudah dibahas sebelumnya (ekspositori, partisipatori dan observasional)?
# Apa peran footage masa kecil subyek-subyeknya dalam film ini?
# Dan setelah tahu bahwa subyeknya diperankan oleh aktor, bagaimana pendapat Anda tentang dokumenter ini?

Contoh film-filmnya antara lain:
Reassemblage / Trinh T. Minhha,
1983 , Surname Viet Given Name Nam / Trinh T. Minh-ha,
1989, Mix Up ou Meli-Melo / Françoise Romand, 1985

===========================
“Serial Mengenal Dokumenter: DOKUMENTER REFLEKSIF”
Sabtu, 25 Oktober 2014, 19:30 – 21:30
di Minihall Irama Indah (www.iramaindah.com)
Jl. Diponegoro 114, Denpasar

[PEMUTARAN TANPA PUNGUTAN DONASI PENONTON/FREE]
RSVP dan / atau informasi
harap sms ke 081353229865
atau email ke edo@minikino.org
===========================

Related post


Top