Home / Kegiatan Khusus / FILM VERTIKAL

FILM VERTIKAL

FILM VERTIKAL
Internews x Minikino x FilmAid

Internews (https://internews.org/region/indonesia/) bersama Yayasan Kino Media (https://kinomediafoundation.org/) dengan dukungan FilmAid (https://www.filmaid.org/) mengajak produser dan penulis perempuan Indonesia untuk mengatasi kekerasan berbasis gender dan memberdayakan suara melalui pembuatan Film Vertikal dan kompetisi. Panggilan dari 3-18 Juli 2024 ini juga terbuka untuk pembuat film pemula.

Pendaftar wajib mengikuti dua webinar tentang pemahaman kekerasan berbasis gender dan pengenalan film vertikal sebagai format film pendek dan potensinya dalam bercerita (19 Juli 2024).

Hanya pendaftar yang mengikuti kedua webinar dan lolos seleksi wawancara yang akan dipertimbangkan untuk seleksi berikutnya. Mereka akan mendapatkan pendampingan dua minggu (2-16 Agustus 2024) untuk pengembangan ide, persiapan produksi, dan dukungan biaya produksi film vertikal selama maksimal satu minggu (18-25 Agustus 2024). Maksimal sepuluh kelompok produksi akan dipilih.

Seluruh karya film vertikal akan diputar dalam pameran Film Vertikal di Minikino Film Week 10, Bali International Short Film Festival (13-20 September 2024). Empat kelompok produksi akan mendapatkan dukungan pembiayaan untuk menghadiri Minikino Film Week 10 dan mempresentasikan karya mereka.

1. INFORMASI UMUM

1.1 PENDAFTARAN

a. Pendaftaran dibuka pada Rabu, 3 Juli 2024 ditutup pada Kamis, 18 Juli 2024 pukul 12:00 WITA
b. Link Pendaftaran https://minikino.org/fm_FilmVertikal
c. Pendaftar yang lolos seleksi berkas akan dihubungi untuk wawancara antara Rabu, 10 Juli 2024 sampai dengan Minggu, 21 Juli 2024
d. Peserta terpilih akan diumumkan secara publik pada Rabu, 31 Juli 2024

1.2 LINIMASA

Tanggal
Kegiatan
Lokasi

Rabu, 3 Juli 2024 – Kamis, 18 Juli 2024

12:00 WITA

Pendaftaran Kelompok Produksi

Jumat, 19 Juli 2024

20:00 – 21:45 WITA

Webinar 1- Memahami Kekerasan Berbasis Gender

Webinar 2-Film vertikal dan potensinya dalam bercerita

*wajib diikuti seluruh peserta*

Online

Rabu, 31 Juli 2024
Pengumuman Publik Peserta Terpilih

Jumat, 2 Agustus 2024 – Jumat, 16 Agustus 2024

Pendampingan bersama mentor untuk pengembangan ide, persiapan produksi

*Kelompok produksi yang terpilih akan mendapatkan dukungan dana produksi*

Online

Minggu, 18 Agustus 2024 – Minggu, 25 Agustus 2024
Produksi film vertikal selama satu minggu
Daerah masing-masing

Senin, 26 Agustus 2024
Pengumpulan karya film vertikal masing-masing kelompok produksi terpilih

Rabu, 4 September 2024
Empat kelompok produksi (diwakili maksimal 2 orang, minimal salah satunya adalah penulis) akan mendapatkan dukungan pembiayaan untuk menghadiri Minikino Film Week 10 dan mempresentasikan karya.

Jumat, 13-20 September 2024
Minikino Film Week 10, Bali International Short Film Festival
Pameran dan presentasi publik

Oktober 2024
Pop Up Screenings

2. PERSYARATAN

2.1 PERSYARATAN UMUM

2.1.1 Untuk tim produksi film dengan kriteria
a. Hanya untuk warga negara Indonesia, dengan bukti KTP atau paspor Indonesia
b. Memiliki proposal produksi film vertikal dengan tema kekerasan berbasis gender dengan rencana durasi maksimum 5-6 menit
c. Produser dan penulis perempuan

2.1.2 Batas usia
a. Produser berusia minimal 18 tahun
b. Tidak ada batasan usia untuk posisi lainnya
c. Tidak ada batasan usia maksimum.

2.1.3 Kemampuan berkomunikasi
a. Calon peserta harus mampu berkomunikasi melalui email dan WhatsApp.
b. Memiliki akses internet yang baik untuk proses komunikasi.
c. Kemampuan komunikasi ini akan mempengaruhi keputusan penerimaan.

2.1.4 Penanggung jawab kesertaan
a. Pendaftaran dilakukan oleh Produser dengan mengisi formulir yang disediakan.
b. Produser menjadi kontak utama tim produksi dan bertanggung jawab atas kepesertaannya bilamana terpilih
c. Keikutsertaan dalam webinar pada hari Jumat, 19 Juli 2024 merupakan salah satu persyaratan wajib untuk dipertimbangkan tim seleksi untuk mendapatkan dukungan pendanaan bagi kelompok produksi.

2.2 PERSYARATAN KHUSUS

2.2.1 Dokumen-dokumen yang dipersiapkan sebelum pendaftaran
a. Scan KTP produser dan KTP atau Kartu Pelajar penulis (bila berusia di bawah usia 18 tahun).
b. Foto diri kedua calon peserta, dalam posisi formal dan wajah terlihat jelas.
c. Surat pernyataan; menyatakan bahwa mampu bersikap terbuka untuk kritik-kritik dan ide baru, dan siap mengikuti rangkaian acara (sesuai klausa 1.2 LINIMASA) bilamana terpilih. Template/contoh surat pernyataan bisa diunduh di sini.
d. Dokumen menjelaskan proyek film pendek yang direncanakan untuk tahun 2024, template/contoh dokumen diunduh di sini
e. Bila sudah pernah membuat karya film pendek sebelumnya, siapkan link preview 1 (satu) karya film yang telah ditayangkan untuk penonton umum, beserta kelengkapan informasi pendukungnya (Syarat ini adalah opsional).

2.2.2 Persyaratan rencana produksi film fiksi/animasi/fiksi eksperimental dengan durasi maksimal 5-6 menit.

2.2.3 Persyaratan rencana produksi film dokumenter/dokumenter eksperimental; Durasi maksimum 15 menit, khusus untuk yang berada dalam tahap pasca-produksi.

2.2.4 Satu tim produksi diwakilkan oleh dua orang
a. Satu tim produksi hanya diwakilkan oleh 1 (satu) orang produser dan 1 (satu) orang penulis.
b. Bila produser merangkap penulis, tersedia 1 slot yang bisa diisi oleh posisi lain di dalam produksi tersebut.

3. KESEPAHAMAN, HAK & KEWAJIBAN PESERTA

3.1 Penyelenggara

Rangkaian acara ini diselenggarakan oleh Minikino di bawah naungan legal Yayasan Kino Media, atas kerja sama dengan Internews dan dukungan pembiayaan dari FilmAid.

3.2 Jumlah Peserta Terpilih

a. Maksimal sepuluh tim produksi terpilih akan mengikuti rangkaian pendampingan mentor untuk pengembangan ide dan persiapan produksi selama dua minggu dan mendapatkan dukungan biaya produksi.
b. Kesepuluh tim produksi memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan proses produksi dan post-produksi dalam maksimum delapan hari sesuai dengan linimasa (lihat informasi 1.2).
c. Seluruh karya film vertikal akan diputar dalam pameran Film Vertikal di Minikino Film Week 10, Bali International Short Film Festival (13-20 September 2024).
d. Empat kelompok produksi yang diwakili oleh maksimal dua orang per kelompok akan mendapatkan dukungan pembiayaan untuk menghadiri Minikino Film Week 10 dan mempresentasikan karya mereka.

3.3 Keputusan Pemilihan

a. Keputusan diambil bersama-sama tim Minikino dan perwakilan dari Internews Indonesia dalam sebuah musyawarah untuk menuju kesepakatan.
b. Keputusan panitia adalah mutlak dan tidak untuk dipertanyakan.

Email: mfwcrew@minikino.org


MENTOR

Bani Nasution lulus dari program magister film di Institut Seni Indonesia,Surakarta. Ia bekerja sebagai sutradara dan penulis naskah. Pada awal kariernya, ia mendirikan LiarLiar Films yang berbasis di Surakarta pada tahun 2011. Baru-baru ini, pada tahun 2023, ia mendirikan perusahaan film OMG di Yogyakarta. Pada tahun 2024 ia membuat film vertikal fiksi “Dalam Dunia Maya”.

 

Kiki Febriyanti adalah seorang pembuat film dan seniman. Dia telah mengarahkan beberapa film pendek, dokumenter, video musik, dan video seni yang terutama berfokus pada tema gender, sosial, dan budaya. Karya-karyanya telah diputar di berbagai festival film nasional dan internasional.

 

Made Birus adalah seorang aktivis film pendek, penulis, produser, dan sutradara. Ia terlibat dalam berbagai proyek film pendek dan menjadi tutor di berbagai lokakarya film. Sejak tahun 2003, ia telah menjadi relawan dan bekerja bersama Minikino.

KAWAN DISKUSI

Dhyta Caturani adalah aktivis yang telah lama terlibat dalam gerakan kesetaraan gender dan keadilan. Ia banyak melakukan pendampingan bagi korban kekerasan berbasis gender, baik fisik maupun online. Pada 2015, ia mendirikan PurpleCode Collective, sebuah kolektif feminis yang berfokus pada isu interseksional feminisme, hak asasi manusia dan teknologi, serta salah satu bentuk kerjanya adalah melawan kekerasan berbasis gender online (KBGO) dengan memberi dukungan pada korban KBGO.

Related post


Top