Home / Program Film Indonesia Raja 2019

Program Film Indonesia Raja 2019

Program Film Indonesia Raja 2019


SOUND OF SILENCE – Indonesia Raja 2019: Bali

Empat film pendek dalam program ini berkaitan erat dengan diam; diam yang memicu balas dendam, diam kata, perasaan yang diam, dan sikap diam yang terkonversi karena opresi. Diam tersebut menjalar melalui kehidupan sosial, kultural dan spiritualitas para karakter dalam filmnya.


SAURAT, SABUKU – Indonesia Raja 2019: Banjarmasin

Melalui empat film dalam program SAURAT, SABUKU saya mencoba menyediakan ruang pertukaran wacana tentang kesadaran lingkungan dan media perjuangannya (film), yang bisa dibahas terpisah atau bersamaan. Memantik kritik dan otokritik terhadap dua hal tersebut. Serta, berharap itu semua menjadi pengikat kebersamaan karena kita ‘satu pangkal’ dan berbuah tawaran solusi karena bertemu dalam ‘satu titik temu’.


EKSPRESI UTARA – Indonesia Raja 2019: Buleleng

Film menjadi ruang ekspresi detail tentang peristiwa kehidupan yang terjadi dibelahan utara Bali. Lima film yang terangkum dalam program ini merupakan ekpresi filmmaker yang terlahir secara alami dan akademis. Seluruh film, dalam Indonesia Raja Buleleng 2019, mewakili setiap pergerakan yang dibangun oleh para penggiat film, dari tingkat sekolah menengah atas, perguruan tinggi, komunitas seni dan komunitas desa.


DON’T WORRY, BE HAPPY – Indonesia Raja 2019: Ciayumajakuning

Bergelut di tengah kemelut hidup terkadang membuat orang punya jalan keluar yang tak disangka-sangka. Ada yang memilih bertanya ke dukun, mengadakan kompetisi olahraga, atau berdoa agar tak dikejar bayangan buruk. Film-film ini mengajak kita untuk selalu merawat akal sehat dan merayakan kehidupan. Ingat, jangan lupa bahagia, gitu aja koq repot.


INGATAN YANG LAIN – Indonesia Raja 2019: D.I.Y & Jawa Tengah

Sebagai kesadaran akan pengalaman masa lampau yang hidup kembali, ingatan seringkali sangat personal. Ia menjadi begitu manis dan berharga untuk dikenang, namun tak jarang juga begitu pahit. Banyak dari ingatan tersebut terlalu sayang untuk kita dilewatkan, bukan hanya untuk melihat ke belakang melainkan juga melangkah tanpa beban ke depan. Film-film dalam “Ingatan yang Lain” ini merangkum artikulasi alternatif lima ingatan personal yang menjadi bagian komunal bangsa ini. Lewat para pembuat film di D.I. Yogyakarta dan Jawa Tengah dalam program ini, kita diajak untuk masuk ke lorong waktu non teritorial, menelusurinya, hingga di ujung kita tersadar bagaimana ingatan tersebut masih layak dikenang.


PANDHALUNGAN IN MOTION PICTURES – Indonesia Raja 2019: Jember

Jember kadang disebut sebagai kota Pandhalungan. Disebut juga miniatur Indonesia karena keberagaman bahasa, budaya, hingga isu sosialnya. Kekayaan ini memberikan warna tersendiri dalam pekembangan film lokal Jember. 6 film ini hadir dengan bahasa, cara bertutur, dan atmosfir yang berbeda, sebagai bentuk eksplorasi para filmmaker dalam menyampaikan cerita dan cinematic experience terhadap penontonnya.


MENIKMATI JOMBANG – Indonesia Raja 2019: Jombang

Jombang sebagai kota lintasan dan juga mendapat predikat sebagai kota santri/pesantren menjadikan Jombang kaya akan tema, namun kali ini kita akan menggarisbawahi kerja kolaborasi teman-teman filmmaker dengan lembaga-lembaga di Jombang.


LOOKING AT BORNEO – Indonesia Raja 2019: Kalimantan Timur

Borneo atau sebutan lain dari Pulau Kalimantan, banyak dikenal sebagai pulau yang memiliki kekayaan melimpah ruah atas berbagai hal, seperti kebudayaan, flora, fauna, hingga sumber daya alam lainnya. Namun di balik kekayaan yang ada itu, tersimpan banyak permasalahan demi permasalahan yang seringkali membutuhkan respon besar dari banyak pihak, khususnya di wilayah Kalimantan Timur. Melalui ketiga film pendek ini, sang pembuat film berupaya merekam realitas yang ada dengan gaya dan bentuknya masing-masing. Melihat dan membicarakan fenomena demi fenomena yang terjadi hingga saat ini di Kalimantan Timur.


MENEMBUS BATAS – Indonesia Raja 2019: Sukabumi Raya

Melalui kebebasan menembus batas, kebebasan berekspresi serta imajinasi kreatif, beberapa film pendek cukup menarik perhatian. Dengan tema yang beragam, tak terduga dan kejutan-kejutan dalam sejumlah scene patut diacungi jempol. Film Sukabumi Keren!


EX·PEC·TA·TION – Indonesia Raja 2019: Surabaya

/ˌekspekˈtāSH(ə)n/
Dugaan akan keyakinan, kepercayaan dan harapan yang terusik dalam ketidakseimbangan dan ketimpangan dunia dan pikiran manusia. Mengetuk jangkauan masa dengan hormat dalam sebuah realisasi yang (tidak) sepenuhnya nyata. Film-film ini dipilih untuk menggambarkan persepsi tersebut.


Indonesia Raja

Top