Home / Programmer 2021

Programmer 2021

Kerja sama antara para programmer & Minikino sebagai koordinator Indonesia Raja bertujuan membuka, membentuk serta memperkuat jaringan eksibisi dan distribusi film pendek di Indonesia.

Jaringan ini selanjutnya diharapkan membangun basis penonton film pendek nasional yang kritis berbekal wawasan literasi film, yang bisa memberi umpan balik kepada pembuat film. Selanjutnya, untuk memicu para pembuat film untuk membuat karya yang lebih baik lagi.

Kepentingan para pihak dalam kerja sama ini bertemu dalam sebuah kepentingan bersama dan selanjutnya untuk saling memberikan benefit yang mutual.

Dalam kerjasama ini, Minikino menghormati para programmer Indonesia Raja sebagai rekan kerja, dengan kedudukan yang setara. Para Programmer Indonesia Raja berhak untuk menentukan dan membuat berbagai keputusan dalam proses programming mereka masing-masing.

Sebuah kehormatan bagi Minikino untuk bisa bekerja sama dengan para programmer tahun ini.

PROGRAMMER INDONESIA RAJA 2021 adalah;

AKBAR RAFSANJANI
INDONESIA RAJA 2021: ACEH

Direktur program Aceh Film Festival dan pemutaran film alternatif, Aceh Menonton.

Akbar juga bekerja sebagai peneliti di Departemen Penelitian dan Pengembangan Yayasan Aceh Documentary. Menulis sebagai koresponden asing di SINdie (Sindie.sg), sebuah platform editorial yang mengamati budaya film Asia Tenggara. Tahun ini bergabung sebagai tim programmer Indonesia Raja 2021 untuk mempertegas posisi film-film pendek Aceh di Indonesia.

IG : @akbarrafs
Twitter: @akbarrafs
Facebook: Akbar Rafsanjani
e: bbrjani@gmail.com

KARDIAN NARAYANA
INDONESIA RAJA 2021: BALI

Jurnalis Daerah Kompas TV sejak Desember 2015. Selain aktifitas jurnalisme, ia mempunyai ketertarikan yang besar pada terhadap kesenian, baik tradisional maupun seni modern.

Terhubung dengan Minikino menjadi programmer film Indonesia Raja sejak tahun 2019 hingga saat ini. Ia juga masih aktif memproduksi film dokumenter dan fiksi bersama Komunitas Mahima Singaraja Bali. Secara aktif juga memperkuat jaringan kerjanya dengan berbagai kelompok penggiat perfilman di wilayah Bali.

FB: Kardian Narayana
IG : @cotecx_narayana
e: narayana.cotecx@gmail.com

KEMALA ASTIKA
INDONESIA RAJA 2021: JAWA BARAT

Pangalamannya bergabung dengan Komunitas Belajar Bikin Film di Yogyakarta sekitar tahun 2000 menarik Kemala Astika untuk lebih serius memperhatikan kondisi perfilman di Indonesia. Lala adalah pendiri dan penggerak komunitas film, Cinema Cirebon dan juga menjabat sebagai Direktur Festival Film Bahari.

Secara berkala, ia juga mendorong komunitas-komunitas masyarakat di Cirebon untuk mengadakan pemutaran film. Kemala Astika bekerja sebagai programmer Indonesia Raja sejak 2018, membawa film-film pendek dari wilayah Cirebon dan Jawa Barat untuk keluar dan dikenal lebih luas lagi melalui gerakan pertukaran film pendek ini.

IG @kemalaasthika
e: emmaasthika@gmail.com

NOSA NORMANDA
INDONESIA RAJA 2021: JAKARTA METROPOLITAN

Penulis, Antropolog, dan Filmmaker. Ia adalah salah satu founder MondiBlanc Film Workshop, sebuah workshop film berbasis beasiswa. Ia juga pernah menjadi kru film di Amerika Serikat dan Video Jurnalis Internasional di salah satu kantor berita AS.

Pada tahun 2020, Nosa sempat terlibat aktif sebagai host di berbagai acara di Minikino Film Week 6, termasuk produksi podcast Kopi Selem di festival tersebut. Kini ia fokus mengajar dan mengembangkan industri video dan film arus bawah di Jakarta. Tahun ini Nosa bergabung programmer Indonesia Raja 2021, untuk wilayah Jakarta.

e. nosanormanda@gmail.com
ig: @eseinosa

ANGGI
INDONESIA RAJA 2021: D.I.Y & JAWA TENGAH

Pengajar film di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan peneliti yang tertarik pada topik kajian naratif, sejarah dan arsip film. Riset terakhirnya terkait dengan Perempuan dalam Industri Film Indonesia bersama KAFEIN (Asosiasi Pengkaji Film Indonesia).

Anggi adalah inisiator Kelab Film, inisiatif bersama belajar film dan telah menjadi Kurator pada Sewon Screening (2016), programmer pada Festival Film Dokumenter (2017-2018) dan Programmer Indonesia Raja untuk DIY-Jateng sejak 2019.

Twitter : kepikecil
IG : @sazkiana
FB : Sazkia Noor Anggraini
e: sazkia.na@gmail.com

WAHYUDHA
INDONESIA RAJA 2021: PADANGPANJANG

Mahasiswa prodi film dan televisi dengan minat pengkajian film. Ia terlibat berbagai produksi dan kegiatan apresiasi film di Sumatera Barat (2015-sekarang), CWW International Film Lab, Bali (2019), Dewan Juri Anugerah Makara Emas untuk kompetisi film pendek UI Film Festival (2019-2020).

Bergabung dalam tim kerja Indonesia Raja, Wahyudha berharap akan mempertemukan film-film pendek dari Padangpanjang dengan penontonnya melalui Program Pertukaran Film Pendek se-Indonesia, Minikino Indonesia Raja 2021: Padangpanjang.

IG: @wahyudha17
twitter: @wahyudha17
e: wahyudha17@gmail.com

DAFTARKAN FILM PENDEK KAMU SEKARANG
DAFTARKAN FILM

Top