Home / Menjadi Programer Indonesia Raja

Menjadi Programer Indonesia Raja

Formulir Pendaftara Calon Programer Indonesia Raja 2017 [Klik disini]

SIAPA AJA SIH YANG BOLEH JADI PROGRAMER INDONESIA RAJA?
  • Kamu yang sudah berusia 18+, gender…BEBAS!
  • Kamu harus berdomisili di wilayah/kota yang akan didaftarkan dalam program Indonesia Raja.
  • Kamu yang gemar menonton film (dan film pendek) dan MENULIS!
  • Kamu yang gemar membaca dan MENULIS!
  • Kamu yang selalu pengen tau dan memiliki pemikiran yang kritis, terbuka dan selalu berusaha mencari informasi yang baru.
  • Sudah pernah nontonin Program INDONESIA RAJA yang tahun lalunya.
  • Enak diajak ngobrol, diskusi dan nggak tersinggungan.
  • Kamu mesti Punya Hp yang aktif, mudah dihubungi dan nggak ganti-ganti nomer terus.
  • Punya alamat email yang beneran sering di-cek, Karena Email menjadi komunikasi kunci.
  • Menggunakan sosial media secara aktif dan positif.
  • Ngerespon kalo berkomunikasi. Kalo pas sibuk, bisa bilang “entar yah, abis ini gue kontak balik…” dan beneran ngontak balik.
Sepertinya saya cocok, sebelum mendaftar jadi Programer Indonesia Raja apa yang harus saya siapkan?
  • Semangat tinggi sepanjang tahun :D.
  • Informasi dan data mengenai produksi film pendek di wilayah/kota dimana program akan dibuat.
  • Netral dan menjalinan hubungan dan komunikasi yang baik dengan pembuat film di wilayah/kota setempat.
  • Memiliki informasi dan data kegiatan pemutaran film di wilayah/kota setempat.
SAYA NGGAK TERLALU PAHAM SIH... TAPI SAYA PINGIN BELAJAR... BOLEH?
Minikino ingin membantu kamu, yuk daftar aja. Semua programmer yang mendaftar masih akan melalui seleksi lagi. Seleksinya memang ketat, tapi anak minikino adalah anak yang baik dan ramah, semua ini kan tujuan juga saling belajar dan berkomunikasi untuk membangun sesuatu yang lebih baik. Kalaupun kamu nggak terpilih menjadi programer Indonesia Raja, kita tetep bisa berkontak dan temenan, dan siapa tau ada program lain yang lebih pas. Ada deh… pasti. Atau kamu masih bisa menjadi rekan pemutar program-program Indonesia Raja.
Apa saja tugas programmer INDONESIA RAJA?
Secara garis besar;

    • Menghubungi filmmaker
    • Mengumpulkan dan menonton karya-karya mereka
    • Menyusun dan menulis konsep program
    • Mengirim karya-karya film pendek dan tulisan tersebut ke MINIKINO
    • Mengatur acara screening dan diskusi yang terbuka untuk umum
    • dan kemudian menyusun laporan mengenai screening dan diskusi tersebut menjadi bahan kajian bersama lebih lanjut.
    • Mengatur acara screening dan diskusi yang terbuka untuk umum, kemudian menyusun laporan mengenai screening dan diskusi tersebut untuk dilaporkan ke Minikino atau dipublikasikan kembali ke media publik untuk menjadi bahan kajian lebih lanjut.
Bagaimana cara agar program yang saya buat menarik bagi penonton?
  • Kumpulin film pendek sebanyak mungkin dari wilayah/kotamu.
  • Tonton dengan seksama, buat catatan bagusnya di mana, kurangnya di mana, kesan, suasana yang dibangun, tema, durasi (sesuai dengan syarat durasi per film) bisa juga membuat rating penilaian: 1 – 10 atau sampe 100, terserah dah.
  • Tentukan tema untuk program yang akan kamu buat dari film-film terbaik yang telah ditonton. Tema akan menarik minat penonton sehingga mereka tau apa yang akan mereka dapatkan ketika menonton program tersebut. Buat catatan sebagai latar belakang pengetahuan bagi penonton terkait tema yang diangkat.
  • Setelah memiliki tema dan film pilihan, saatnya untuk menentukan urutan penayangan. Urutan penayangan sangat menentukan suasana dan pengalaman menonton. Misalnya: Susun film berdurasi pendek dan yang lebih panjang secara bergantian. Awali dengan film yang memiliki kesan kuat pada tema. Cobalah memberikan kejutan atau suasana yang mendalam, dengan pilihan film tertentu, di tengah-tengah program. Kemudian mengakhiri program dengan pilihan film yang cenderung ceria, ringan dan menjadi epilogue bagi tema yang diangkat. Supaya, setelah selesai nonton, semua penonton bisa tambah seger dan sehat, kita pun jadi senang semua… horeeee
  • Durasi program telah ditentukan dalam kegiatan Indonesia Raja. Coba untuk menyusun film mendekati Durasi yang telah ditentukan.
Apakah MINIKINO juga terlibat dalam proses penyusunan program?
MINIKINO akan memberikan usul dan panduan yang dirasa perlu, namun keputusan akhir tetap diserahkan pada programmer. Konsep dan konten program adalah murni hasil kerja keras para programmer yang terlibat. Minikino cuma bantuin dikit dan dari jauh.

Programmer ditantang untuk mengantar tema/konsep programnya menjadi bahan diskusi yang menarik. Harapan jangka panjangnya adalah peningkatan kualitas programmer Indonesia, peningkatan kualitas penonton dan tentu saja kualitas pembuat film dan karya-karyanya.

Kenapa programmer perlu membuat CATATAN PROGRAMMER?
Catatan tersebut adalah bentuk kredibilitas dan pertanggung jawaban programmer, bahwa film-film pendek dipilih dan disajikan berdasarkan pertimbangan dan konsep yang dipikirkan. Dari catatan programmer, reputasi seorang programmer terbangun dan semakin dikenal. Programmer yang memiliki reputasi tinggi memegang peran yang sangat menentukan dalam sebuah acara atau festival film.
Kenapa filmmaker penting mengisi formulir?
Ada formulir khusus untuk mendaftarkan film di seleksi program INDONESIA RAJA. Di dalamnya sudah tercantum semua informasi yang dibutuhkan programmer, supaya bisa meringankan tugasnya mengumpulkan data. Termasuk juga, untuk menyatakan persetujuan tertulis bahwa bila terpilih, karya film pendek tersebut diijinkan diputar di berbagai wilayah di Indonesia dalam program INDONESIA RAJA 2016. Programmer perlu menjalin hubungan dan membangun kepercayaan yang baik dengan para filmmaker.
Setelah program dikirim ke sekretariat MINIKINO di Denpasar, apa selanjutnya?
Selanjutnya MINIKINO masuk ke tahap ‘post production’. Selain melanjutkan publikasi, MINIKINO mulai mengerjakan dan melengkapi subtitle bahasa yang diperlukan, mempersiapkan trailer, dan proses-proses lainnya yang diperlukan agar program aman dan siap tayang.

MINIKINO juga memberi perhatian khusus pada hak cipta dan tayang, agar program tidak tersebar liar dan/atau ter-duplikasi diluar pengetahuan filmmaker maupun programmer terlibat. Sehingga karya film pendek tersebut tetap memiliki nilai ekslusif yang mungkin diperlukan film tersebut untuk kepentingan lain.

Setelah menyusun dan mengirim program, apa lagi yang perlu
dilakukan oleh Programmer?
Programmer bisa mulai mengkoordinasikan atau merencanakan pemutaran, mencari partner tempat pemutar. Programmer segera memberi informasi jadwal yang sudah ditentukan kepada MINIKINO dan juga kepada filmmaker, sehingga acara screening dapat dipublikasikan bersama-sama untuk mengundang lebih banyak penonton. Harapannya, tentu terjadi diskusi dan tanggapan yang menarik dari masyarakat.

Selambat-lambatnya 2 (dua) minggu seusai pemutaran, programmer dimohon mengirimkan laporan pemutaran ke MINIKINO (daftar hadir, foto pemutaran/ diskusi, catatan pemutaran, angket bila ada). Laporan ini menjadi bahan yang berharga untuk riset pengembangan kualitas penonton Indonesia yang lebih kritis, sehingga merangsang kualitas karya yang lebih baik lagi.

Apakah programmer akan mendapatkan kembali materi film program INDONESIA RAJA 2016?
MINIKINO akan meminjamkan sebuah USB Drive yang ber-password, berisi program yang bisa diputar/screening namun tidak bisa di-duplikasi. USB ini hanya diberikan kepada Programmer yang sudah menentukan jadwal pemutaran. Setelah acara screening, USB Drive ini harus dikirim kembali kepada MINIKINO.

Melalui sistem pengamanan ini, MINIKINO memaksimalkan keamanan karya-karya filmmaker dari penggunaan yang diluar sepengetahuan filmmaker maupun programmer. Kepentingan-kepentingan lain sehubungan dengan keamanan materi karya-karya film pendek bisa dibicarakan kembali bersama secara terbuka.

MINIKINO memiliki USB Drive yang dikunci, tapi sampai sejauh mana Programmer dari masing-masing kota bisa dipercaya?
Tanggung jawab untuk melindungi HAK CIPTA dan HAK TAYANG HARUS-HARUS-HARUS DIJUNJUNG SEMUA PIHAK. Salah satu tanggung jawab terbesar (dan awal) untuk para programmer adalah menjadi pribadi yang dipercaya, baik secara personal maupun profesional. Kehilangan kepercayaan dari rekan kerja adalah kondisi yang fatal dan bisa berakibat panjang. Dalam program berjejaring INDONESIA RAJA, tentu saja reputasi kerja programmer akan selalu terekam dan terpetakan dengan jelas.
Tapi, bagaimana kalau Filmmaker tidak berminat untuk terlibat dalam program INDONESIA RAJA?
Pastinya, tidak semua filmmaker memiliki kepentingan yang sama dengan semangat yang dijunjung INDONESIA RAJA. Bagi filmmaker yang memiliki ide dan kepentingan yang sama, tentu saja akan bergabung. Kembali lagi, ini adalah tantangan untuk reputasi seorang programmer untuk meyakinkan bahwa ini adalah sebuah kegiatan didasari semangat yang baik.
Top