Indonesia Raja

Jaringan Kerja Pertukaran Program Film Pendek Indonesia

Menjadi Programer

Programer adalah titik simpul jaringan kerja Indonesia Raja, untuk memilih film dan menyusun program yang berkualitas.

Etika Programer

Etika kerja bagi programer Indonesia Raja, dibuat sebagai sebuah panduan dalam membangun jejaring dan reputasi yang baik.

Kirim Film Pendek

Mari jangkau penonton lebih luas dengan menyertakan film pendek dalam jaringan pertukaran program Indonesia Raja.

Jadi Rekan Pemutar

Berpartisipasi dalam diseminasi dan apresiasi film pendek dengan manjadi rekan pemutar program Indonesia Raja.

Mengenal Jaringan Kerja
Indonesia Raja

Indonesia Raja membangun kolaborasi jaringan kerja antar wilayah di Indonesia dalam bentuk pertukaran program film pendek, meliputi kegiatan programing dan pemutaran yang disertai diskusi bersama pembuat film dan programmer.

Label  Indonesia Raja telah melalui perjalanan panjang dalam sejarah kegiatan programing film pendek oleh Minikino. Pertama kali digunakan pada tahun 2003 sebagai judul VCD kompolasi 7 film pendek karya 7 sutradara muda Indonesia, yang menjadi gambaran pencapaian produksi film pendek Indonesia dalam rentang tahun 2000 – 2003.

Pendaftaran Film 2021

  • ACEH
  • BALI
  • DIY & JAWA TENGAH
  • JAKARTA
  • JAWA BARAT
  • PADANG PANJANG

Program Film Indonesia Raja 2021

INDONESIA RAJA 2021: ACEH

PROGRAMMER : MUHAMMAD AKBAR RAFSANJANI

SENJA KALA KUASA LELAKI

Kehidupan kita, bagaimanapun tidak terberi. Apa yang kita sebut nasib sesungguhnya adalah konstruksi. Salah-satunya dikotomi jenis kelamin antara perempuan dan laki-laki. Relasi pada keduanya berdasarkan kuasa dan polarisasi. Kuasa yang dibangun atas pondasi modal produksi, membuat kehidupan perempuan menjadi “normal” untuk tergantung pada laki-laki, tanpa bisa terlibat langsung dalam pengaturan kuasa atas diri. Rangkaian film pendek ini memperlihatkan betapa inti masalah yang diterima perempuan adalah relasinya dengan patriarki, hingga upaya untuk sadar diri dan membalik kuasa atas relasi ini.

DURASI TOTAL PROGRAM : 55:52

RATING USIA TONTONAN : 13+ (Remaja & Dewasa)

Form peminjaman program: https://minikino.org/pinjamIR2021Aceh

MOMO // Qiu Mattane Lao / Bali / 2020 / Eksperimental / 03:36 // Momo, seekor anjing yang berteriak minta kebebasan

POE RUMOH // Fadhilul Umami / Aceh / 2020 / Fiksi / 07:33 // Tentang Nur, seorang perempuan yang menunggu suaminya pulang saat konflik melanda Aceh.

ELIN // Andri Saputra / Aceh / 2020 / Dokumenter / 14:56 // Sehari bersama Erlinda, disabilitas Aceh, yang memimpin usaha kreatif kelompok difabel di Banda Aceh.

HANA GATA // Arief Rachman Missuari / Aceh / 2020 / Fiksi / 09:47 // Seorang janda beranak satu yang seharihari bekerja di rumah dan selalu membayangkan suaminya yang hilang.

KLINIK NENEK // Sonya Anggi Yani & Oka Rahmadiyah / Aceh / 2019 / Dokumenter / 20:00 // A unique view of the daily life of old women who make traditional medicines from natural products.

https://youtu.be/Snb0QPeqby4

INDONESIA RAJA 2021: BALI

PROGRAMMER : KARDIAN NARAYANA

RUPA-RUPA KISAH

Sesungguhnya banyak kisah yang dialami oleh manusia berakar pada hal yang sama. Semuanya terlihat menjadi berbeda, sangat tergantung dengan pilihan cara bertutur yang ingin digunakan. Suka, duka, lara dan pati adalah empat hal yang pasti dialami oleh setiap manusia. Semuanya akan terjadi dengan cara berbeda untuk setiap orangnya. Bagaimana cara menuju bahagia, menjadi sedih, tertimpa sakit dan berujung kematian? Kisahnya pasti tak sama. Dunia ini hanyalah tempat untuk kita hidup. Semuanya berawal dari kelahiran dan berakhir dengan mati.

DURASI TOTAL PROGRAM : 66:26

RATING USIA TONTONAN : 13+ (Remaja & Dewasa)

Form peminjaman program: https://minikino.org/pinjamIR2021Bali

TAMBET // Gusti Made Sukaarsana / Singaraja / 2020 / Fiksi / 08:33 // Dalang di masa pandemi nyaris tanpa aktivitas, tanpa pesanan manggung, Hanya ruang kosong dalam hati.

SALAH TAMPI // I Made Suisen ‘ibonk’ / Buleleng / 2019 / Fiksi / 04:12 // Sekelompok remaja desa yang marah, karena salah paham yang terjadi di jalan.

SEMARA // Medy Mahasena / Denpasar / 2021 / Fiksi / 20:37 // Sari bertemu Adi, pria tunanetra yang buta total sejak lahir. Mereka bertetangga di kontrakan rumah yang baru ia tinggali.

HALU // Qiu Mattane Lao / Bali / 2021 / Fiksi / 09:57 // Gina yang berpetualang dengan pacarnya, Jungkook

AKU INGIN MENCIUMMU UNTUK TERAKHIR KALINYA // Yusuf Jacka Ardana / Nusa Dua / 2020 / Fiksi / 23:07 // Seorang wanita yang ingin merayakan ulang tahun pernikahannya di tahun 2020 tanpa suaminya.

https://youtu.be/aN1roWAwBo4

INDONESIA RAJA 2021: PADANGPANJANG

PROGRAMMER : WAHYUDHA

KEBERAGAMAN

“Keberagaman”, merupakan kosa kata yang dapat menjelaskan banyaknya budaya dan tradisi yang ada di Indonesia, begitu juga Padangpanjang yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Pada seleksi tahun pertama ini, rangkaian program film pendek dirancang untuk memperkenalkan keberagaman yang ada pada daerah Minangkabau dengan terfokus pada satu kota kecil bernama Padangpanjang, tempat film-film ini dilahirkan.

DURASI TOTAL PROGRAM : 64:23

RATING USIA TONTONAN : 13+ (Remaja & Dewasa)

Form peminjaman program: https://minikino.org/pinjamIR2021Padangpanjang

BERAWAL DARI SEBUAH BOTOL (Beginning From A Bottle) // Erwin / Padangpanjang / 2020 / Fiksi / 05:00 // Berawal dari seorang gadis yang meminta tolong kepada seorang pria untuk di bukakan botol air.

MEI DALAM CERITA // Taufiq Hidayat / Padang Pariaman / 2019 / Fiksi / 19:55 // Rian seorang buruh tani yang hidup sendiri. Rian memerlukan dispensasi untuk hutangnya yang menumpuk dari juragan Eko.

SUREK (Letter) // Rizky Andrian / Padangpanjang / 2019 / Fiksi / 20:00 // Muslim, bapak tua dalam kesendiriannya. Ia menunggu surat yang tidak pernah tiba,

PAKASIAH BIOLA (Magic Of Violin) // M. Ritzky Saibi / Padangpanjang / 2020 / Fiksi / 19:28 // Sebelum dieksekusi, Munas meminta permintaan terakhirnya, yaitu memainkan rababnya.

https://youtu.be/HNvDREeAFwY

INDONESIA RAJA 2021: JAWA BARAT

PROGRAMMER : KEMALA ASTIKA

MENYEDIHKAN TAPI NYATA

Setiap hari ada saja peristiwa di sekitar yang tak jarang membuat kita mengelus dada. Rangkaian film berikut menghadirkan wajah realita dan tafsirantafsirannya dalam bingkai keberpihakan media, penyebaran teror, kebohongan dan keterasingan. Seakan pasrah, kadang tidak ada lagi yang tersisa untuk kita selain menertawakannya dan melanjutkan hidup sampai maut menjemput. Ironis memang. Tapi yah mau gimana lagi, begitulah yang terjadi.

DURASI TOTAL PROGRAM : 71:35

RATING USIA TONTONAN : 13+ (Remaja & Dewasa)

Form peminjaman program: https://minikino.org/pinjamIR2021JaBar

JOURNALISM FOR DUMMIES // Hadafi Raihan Karim / Bogor / 2020 / Dokumenter / 16:55 // Tiga jurnalis magang mengajak kita melihat realitas jurnalisme lokal Indonesia.

FORGET THE BOMB IN THE BACKYARD, WE’RE FINE! // Lerryant Krisdy Gunanto Basuki / Depok / 2020 / Fiksi / 15:21 // Sebuah tas hitam besar misterius ditemukan di tempat parkir rumah kos. Flo dan Bimbim terpaksa mengungsi.

RONDA (The Patrol) // Abdalah Gifar Abisena / Bandung / 2020 / Fiksi / 06:50 // Proses interogasi antara seorang polisi dengan petugas ronda berlangsung alot.

LONELY TOGETHER // Rizaldy Bagas / Bandung / 2020 / Fiksi / 16:00 // Henri memutuskan untuk mengakhiri hidupnya di sebuah hutan yang sunyi. Namun tiba-tiba datang wanita misterius.

CENAYANG (Clairvoyance) // Kawakibi Muttaqien / Sukabumi / 2019 / Fiksi / 05:37 // Seorang istri yang sedang hamil ingin mengetahui kebenaran perselingkuhan suaminya, melalui dukun.

ALTARABA (The Soil) // Luthfi Muhammad / Bandung / 2020 / Dokumenter / 10:52 // Dasep, seorang ustad yang mengurus pemindahan makam akibat tergerus banjir musiman dan alih fungsi lahan.

https://youtu.be/OncSAe9h6Tg

INDONESIA RAJA 2021: JAKARTA METROPOLITAN

PROGRAMMER : NOSA NORMANDA

INDONESIA RAJA 2021: JAKARTA METROPOLITAN

Kaum miskin perkotaan selalu menjadi bagian yang sangat eksotis di Jakarta, dan kaum homo Jakartanensis memiliki cara tersendiri dalam menghadapi kemiskinan, yang secara unik berbeda dari kota metropolitan lain di dunia. Di Jakarta, kemiskinan bisa menjadi gaya hidup, strategi, pilihan, pertunjukan, dan budaya pop. Seleksi ini bertujuan untuk memperlihatkan hal itu.

DURASI TOTAL PROGRAM : 73:07

RATING USIA TONTONAN : 17+ (Dewasa)

Form peminjaman program: https://minikino.org/pinjamIR2021Jakarta

LIBURAN DIAM-DIAM (Secret Holiday) // Erlangga Radhikza / Jakarta / 2020 / Fiksi / 13:34 // Keluarga menengah ke bawah ingin pergi ke kebun binatang semurah mungkin, berikut triknya.

ANJELO (Pick Up & Delivery Woman) // Abi R Muhamad / Jakarta / 2020 / Fiksi / 15:00 // Seorang pelacur dan mucikari berjuang untuk menjadi layak dalam sebuah pekerjaan yang tidak layak.

PROYEK AL-AMIN (The Al-Amin Project) // Rayhan Dharmawan / Tangerang / 2019 / Fiksi / 16:18 // Amin, pekerja bangunan, bekerja untuk mengirimkan uang pada istrinya di desa. Namun rahasia dari desa sampai ke telinganya.

PENDEKAR CYBORG (Cyborg Warrior) // Sigit Pradityo & Adit Bujbunen Al Buse / Jakarta / 2019 / Fiksi / 12:15 // Prime Rage, laskar cyborg masa depan dikirim ke tahun 1989 untuk menghentikan invasi cyborg. Ia gangguan pencernaan.

ONCE UPON A TIME IN INDONESIA // Kenny Gulardi / Jakarta / 2020 / Fiksi / 16:00 // Seorang Youtuber ingin mewawancarai keluarga miskin yang putranya menjadi korban sodomi.

https://youtu.be/r8nQRTuBKFA

INDONESIA RAJA 2021: D.I. YOGYAKARTA & JAWA TENGAH

PROGRAMMER : SAZKIA NOOR ANGGRAINI

SEPUTARAN PINGGIRAN

Ini adalah catatan keberagaman tentang orang-orang yang terpinggirkan. Mereka yang tidak masuk dalam “kelaziman” hidup orang kebanyakan. Mereka adalah individu-individu di dalam tradisi yang masih dirawat walau gerus kehidupan melampaui akal sehat. Beberapa berhasil memenangkan arena, beberapa yang lain kalah atau memilih tetap bertahan. Program ini hadir untuk memotret bagaimana personalitas dan tautan identitas berada di spektrum kultur Jawa.

DURASI TOTAL PROGRAM : 67:28

RATING USIA TONTONAN : 13+ (Remaja & Dewasa)

Form peminjaman program: https://minikino.org/pinjamIR2021DIYJaTeng

MOKSA (Remarkable Journey To The End) // Andrew Bachtiar / Magelang / 2020 / Fiksi / 12:50 // Perjalanan Mbah Sapto untuk menemui akhir kehidupannya.

MARIA ADO’E (Poor Maria) // Gleinda Stefany / Semarang / 2020 / Fiksi / 12:31 // Maria, perempuan NTT yang merantau di Pulau Jawa untuk sekolah. Maria kerap berpindah kos karena rasisme di lingkungannya.

ANGPAO // Stefanus Cancan / Yogyakarta / 2020 / Fiksi / 16:16 // Untuk mendapatkan angpao di hari raya Imlek, Michael harus menghafal panggilan setiap keluarganya.

TRESNO WARANGGONO // Fitri Mursidah / Sragen, Jawa Tengah / 2019 / Dokumenter / 13:12 // Tentang Eko Sutomo atau Ambar, waria yang mengerjakan pekerjaan rumah sebagaimana ibu rumah tangga pada umumnya.

ABRI MASUK DESA // Bowo Leksono / Purbalingga / 2019 / Fiksi / 12:39 // Fajar adalah seorang aktivis. Kepulangan Fajar dari kota tempatnya kuliah tercium kelompok ABRI, menjelang Pemilu 1997.

https://youtu.be/FSf-2P93PE0

KALENDER KERJA INDONESIA RAJA 2021

TANGGAL KEGIATAN/KETERANGAN
18 – 24 Januari 2021 REGISTRASI ULANG

registrasi ulang dilakukan secara internal untuk seluruh programmer dan kandidat programmer. Untuk mengajukan diri sebagai calon programmer 2022, silakan mengirimkan proposal ke indonesiaraja@minikino.org

25 Januari 2021 PELANTIKAN PROGRAMMER

Programmer Indonesia Raja 2021 dan koordinator diumumkan ke publik, bersamaan dengan pembukaan pendaftaran film pendek nasional untuk masa kerja 2021.

25 Januari s/d 27 Februari 2021 MASA PENDAFTARAN FILM PENDEK NASIONAL

Sosialisasi pendaftaran film pendek Nasional untuk masa kerja 2021 diumumkan dan dibuka selama hampir 1 bulan. Masa Pendaftaran ditutup tanggal 27 Februari 2021 jam 12:00 Siang WIB.

Untuk informasi pendaftaran film, silakan menuju https://minikino.org/indonesiaraja/formdaftar/

1 s/d 22 Maret 2021 MASA PROGRAMMING INTERNAL

Dalam masa programming internal, masing-masing programmer Indonesia Raja bekerja dan berkolaborasi dengan koordinator membuat dan mempersiapkan sebuah program untuk masing-masing wilayah yang dipresentasikan.

15 April 2021 – 31 Desember 2021 PENGUMUMAN FILM PENDEK TERPILIH DAN PENERBITAN KATALOG INDONESIA RAJA 2021

Penerbitan katalog Indonesia Raja 2021 menandakan bahwa program tahun 2021 secara resmi sudah bisa dipinjam dan dipergunakan untuk berbagai acara pemutaran, oleh para penyelenggara pemutaran umum/publik di seluruh Indonesia.

Masa distribusi program berlangsung selama setahun penuh sampai akhir 2021.

Programer 2021

AKBAR RAFSANJANI

Programer Indonesia Raja 2021: ACEH

Profile & Kontak

Direktur program Aceh Film Festival dan pemutaran film alternatif, Aceh Menonton.

Akbar juga bekerja sebagai peneliti di Departemen Penelitian dan Pengembangan Yayasan Aceh Documentary. Menulis sebagai koresponden asing di SINdie (Sindie.sg), sebuah platform editorial yang mengamati budaya film Asia Tenggara. Tahun ini bergabung sebagai tim programmer Indonesia Raja 2021 untuk mempertegas posisi film-film pendek Aceh di Indonesia.

IG : @akbarrafs
Twitter: @akbarrafs
Facebook: Akbar Rafsanjani
e: bbrjani@gmail.com

KARDIAN NARAYANA

Programer Indonesia Raja 2021: BALI

Profile & Kontak

Jurnalis Daerah Kompas TV sejak Desember 2015. Selain aktifitas jurnalisme, ia mempunyai ketertarikan yang besar pada terhadap kesenian, baik tradisional maupun seni modern.

Terhubung dengan Minikino menjadi programmer film Indonesia Raja sejak tahun 2019 hingga saat ini. Ia juga masih aktif memproduksi film dokumenter dan fiksi bersama Komunitas Mahima Singaraja Bali. Secara aktif juga memperkuat jaringan kerjanya dengan berbagai kelompok penggiat perfilman di wilayah Bali.

FB: Kardian Narayana
IG : @cotecx_narayana
e: narayana.cotecx@gmail.com

KEMALA ASTIKA

Programer Indonesia Raja 2021: JAWA BARAT

Profile & Kontak

Pangalamannya bergabung dengan Komunitas Belajar Bikin Film di Yogyakarta sekitar tahun 2000 menarik Kemala Astika untuk lebih serius memperhatikan kondisi perfilman di Indonesia. Lala adalah pendiri dan penggerak komunitas film, Cinema Cirebon dan juga menjabat sebagai Direktur Festival Film Bahari.

Secara berkala, ia juga mendorong komunitas-komunitas masyarakat di Cirebon untuk mengadakan pemutaran film. Kemala Astika bekerja sebagai programmer Indonesia Raja sejak 2018, membawa film-film pendek dari wilayah Cirebon dan Jawa Barat untuk keluar dan dikenal lebih luas lagi melalui gerakan pertukaran film pendek ini.

IG @kemalaasthika
e: emmaasthika@gmail.com

NOSA NORMANDA

Programer Indonesia Raja 2021: JAKARTA METROPOLITAN

Profile & Kontak

Penulis, Antropolog, dan Filmmaker. Ia adalah salah satu founder MondiBlanc Film Workshop, sebuah workshop film berbasis beasiswa. Ia juga pernah menjadi kru film di Amerika Serikat dan Video Jurnalis Internasional di salah satu kantor berita AS.

Pada tahun 2020, Nosa sempat terlibat aktif sebagai host di berbagai acara di Minikino Film Week 6, termasuk produksi podcast Kopi Selem di festival tersebut. Kini ia fokus mengajar dan mengembangkan industri video dan film arus bawah di Jakarta. Tahun ini Nosa bergabung programmer Indonesia Raja 2021, untuk wilayah Jakarta.

e. nosanormanda@gmail.com
ig: @eseinosa

ANGGI

Programer Indonesia Raja 2021: D.I.Y & JAWA TENGAH

Profile & Kontak

Pengajar film di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan peneliti yang tertarik pada topik kajian naratif, sejarah dan arsip film. Riset terakhirnya terkait dengan Perempuan dalam Industri Film Indonesia bersama KAFEIN (Asosiasi Pengkaji Film Indonesia).

Anggi adalah inisiator Kelab Film, inisiatif bersama belajar film dan telah menjadi Kurator pada Sewon Screening (2016), programmer pada Festival Film Dokumenter (2017-2018) dan Programmer Indonesia Raja untuk DIY-Jateng sejak 2019.

Twitter : kepikecil
IG : @sazkiana
FB : Sazkia Noor Anggraini
e: sazkia.na@gmail.com

WAHYUDHA

Programer Indonesia Raja 2021: PADANGPANJANG

Profile & Kontak

Mahasiswa prodi film dan televisi dengan minat pengkajian film. Ia terlibat berbagai produksi dan kegiatan apresiasi film di Sumatera Barat (2015-sekarang), CWW International Film Lab, Bali (2019), Dewan Juri Anugerah Makara Emas untuk kompetisi film pendek UI Film Festival (2019-2020).

Bergabung dalam tim kerja Indonesia Raja, Wahyudha berharap akan mempertemukan film-film pendek dari Padangpanjang dengan penontonnya melalui Program Pertukaran Film Pendek se-Indonesia, Minikino Indonesia Raja 2021: Padangpanjang.

IG: @wahyudha17
twitter: @wahyudha17
e: wahyudha17@gmail.com

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist