Home / Indonesia Raja 2016 / Indonesia Raja 2016: MALANG

Indonesia Raja 2016: MALANG

Programmer Release
Lizya Oktavia Kristanti (Lizya)
Programer | Malang

ANEKA RUPA WAJAH KOTA PENDIDIKAN

Sebagai kota pendidikan, Malang mampu menghasilkan ratusan film setiap tahunnya. Berawal dari tugas sekolah atau kuliah, mulailah bermunculan para pecinta film yang terus mencoba berkarya dan mempertahankan eksistensinya.
Empat film pendek Indonesia Raja 2016 – Malang ini sangat mencerminkan situasi dan kondisi film pendek di Malang Raya. Dimana pembuatannya masih didominasi pelajar, mahasiswa, dan komunitas.
Melalui Enthong Squ4d, saya ingin menunjukkan bahwa kualitas teknis film pelajar sudah mencapai tahap ini. Dimana special efek sudah mulai menjadi bahan latihan tingkat pelajar.
Sedangkan Pos Kamling, merupakan sebuah tugas praktikum tingkat mahasiswa. Menampilkan budaya dan bahasa local Malang. Sekaligus mempunyai pesan kuat di dalamnya. Putih, menampilkan gaya bertutur yang tidak biasa. Menjadi penyemarak dan pewarna perfilman di Malang Raya itu sendiri.
Sedangkan Tinuk, belakangan menjadi kebanggaan filmmaker Malang. Berkat prestasinya di kancah nasional. Sebuah prestasi tak terduga dari seorang sutradara muda yang pertama kali mencoba menjadi sutradara.
Ya. Inilah kota Malang. Dengan aneka rupa warna film. Sekaligus menjadi wajah dari perfilman di Malang Raya sendiri.
Sebagai programmer, saya berharap, kedepannya wajah perfilman Malang dapat lebih berwarna dan terus meningkatkan kualitasnya. Salam sinema!

Point/Topik Diskusi
1. Tanggapan penonton
2. Mana yang lebih berkesan, dan kenapa?
3. Saran untuk film Malang

Durasi total 45:43
Rating Usia 17+


17+

Screening:

  • Minikino Film Week 2016 | Rab/Wed 12 Okt 2016, 20:30, VIVA GENERIK – Gianyar, Bali

 

Synopsis:

film-pendek-indonesia-raja-2016-Malang

ENTHONG SQU4D

Sahabul Ashfari | 2015 | 14:52

Pertemuan sebuah geng dan sekelompok superhero dalam memperebutkan koper.

Biografi Sutradara: Sahabul merupakan seorang pelajar di SMK Terpadu Al Ishlahiyah Singosari Malang. Ia mempunyai hobi di bidang animasi, desain grafis dan gaming.

film-pendek-indonesia-raja-2016-Malang

POS KAMLING

Bagus Sabda Nur Huda | 2016 | 6:32

Percakapan dua orang di pos kamling. Membahas keamanan lingkungan dan korupsi.

Award:

  • Nominasi film pendek fiksi umum Festival Film Malang 2016.

Statement Sutradara: Semua yang kita dapat sesuai dengan apa yang kita usahakan.

Biografi Sutradara: Bagus merupakan mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Negeri Malang. Ia juga pemilik Satu Audio Malang.

film-pendek-indonesia-raja-2016-Malang

PUTIH

Mochammad Ibnu Hernanda | Malang | 2016 | 9:19

Menceritakan kedua belah pihak kehidupan manusia di jaman modern. Dimana semua dapat dijangkau dengan genggaman, jaringan, dan media.

Biografi Sutradara: Memo merupakan mahasiswa ilmu komuniasi Universitas Muhammadiyah Malang. Putih adalah film keenamnya. Di film ini ia mencoba membuat film semi eksperimental dan semoga bisa diterima oleh penonton di Indonesia.

film-pendek-indonesia-raja-2016-Malang

TINUK

Aprilingga Dani | 2015 | 15:00

Demi memenuhi keinginannya memilihi Handphone (HP), Tinuk setiap hari selalu membujuk suaminya untuk memakai uang setoran parkir.

Award:

  • Film terbaik ACFest 2015 kategori Bikin Film Bareng KPK

Statement Sutradara: Proses penciptaan film Tinuk berawal dari kejadian-kejadian yang pernah saya alami di dalam rumah. Masalah terbesar pada umumnya yang dihadapi manusia adalah masalah di dalam keluarga. Kita semua pasti pernah mengalaminya. Dan secara tidak sadar kita menciptakan metode penyelesaian masalah dengan versi masing-masing.

Biografi Sutradara: Lingga lahir di Malang pada tahun 1991. Masih tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang. Tinuk adalah film perama yang ditulis dan disutradarainya pada tahun 2015.

Top