Home / Kegiatan Khusus / SHORTS UP, Pembinaan Bibit Talenta Industri Film Indonesia 2024

SHORTS UP, Pembinaan Bibit Talenta Industri Film Indonesia 2024

SHORTS UP 2024 mengundang bibit-bibit filmmaker pemula mendaftarkan diri dan tim produksi mereka sebagai peserta, untuk menerima pelatihan dan pendampingan produksi.

SHORTS UP 2024 adalah tajuk besar dari serangkaian aktivitas yang akan dilakukan sepanjang tahun, didedikasikan untuk membimbing bibit-bibit filmmaker merintis karir mereka masuk ke dalam industri film di Indonesia, dimulai dari produksi film pendek. Melalui film pendek, Minikino menawarkan peluang untuk tumbuh dan berkembang secara sehat dalam lingkungan yang mendukung. Selanjutnya, SHORTS UP juga dirancang menjadi katalisator untuk memperkaya dan memperluas panorama film Indonesia di tingkat global dan menjadi bagian integral dalam gerakan pemajuan kebudayaan di Indonesia.

PENDAFTARAN TELAH DITUTUP! TERIMA KASIH UNTUK SELURUH PENDAFTAR.

SELAMAT KEPADA PESERTA TERPILIH:

Nama Kelompok Produksi
Daerah
Nama Produser
Nama Penulis

Acah Acah Films
Jawa Tengah
Muhammad Ananta Shaafrizal
Rizqullah Ramadhan Panggabean

Aidea Film
Sulawesi Selatan
Rahmi Salsabila

Berakinema
Jawa Timur
Ines Saraswati
Beny Kristia

Chendooll Imaginations
Nusa Tenggara Barat
Sulhi Azhari
Tutik Rahmawati

Meracik Sihir
DKI Jakarta
Galih Rama
Hafidz Nur Rahmadi

Milkyway Studio
Daerah Istimewa Yogyakarta
Saddam Putra Dewa Rimbawan
Cinta Setia Aisyah

Podium Pictures
DKI Jakarta
Anissa Rahma Sintiya
Amar Haikal

Shock Film
Sumatera Selatan
Bryan Hadi Kesuma
M. Ilham Prajatama

TERIMA KASIH KEPADA 141 TIM PRODUKSI YANG MENDAFTAR

INFORMASI UMUM

1. INFORMASI UMUM

1.1 PENDAFTARAN

a. Pendaftaran dibuka pada Senin, 22 April 2024 dan ditutup pada Senin, 13 Mei 2024 jam 12:00 (siang) WITA/UTC+8. Semua zona waktu yang berbeda tetap mengacu pada zona waktu WITA (GMT/UTC +8). Link pendaftaran: https://minikino.org/fm_daftarShortsUp

b. Sesi wawancara, Selasa 7 Mei 2024 s/d Kamis 16 Mei 2024 c. Keputusan peserta terpilih diumumkan pada Selasa, 21 Mei 2024

1.2 KALENDER ACARA TAHUN 2024

SHORTS UP 1
Jumat, 7 s/d Minggu, 9 Juni 2024
Holiday Resort, Lombok (tatap muka)

SHORTS UP 1 Booster 1
Sabtu, 13 s/d Minggu, 14 Juli 2024
daring, seminar dan konsultasi per kelompok

SHORTS UP 1 Booster 2
Sabtu, 10 s/d Minggu, 11 Agustus 2024
daring, seminar dan konsultasi per kelompok

SHORTS UP 1 di MFW10
Senin, 16 s/d Kamis, 19 September 2024
Film Market Events, Minikino Film Week 10 di Bali (tatap muka)

SHORTS UP 1 Booster 3
Senin, 11 s/d Minggu, 17 November 2024
daring

SHORTS UP 1 Booster 4
Senin, 9 s/d Jumat, 13 Desember 2024
daring

PERSYARATAN

2. PERSYARATAN

2.1 PERSYARATAN UMUM

2.1.1 Untuk tim produksi film tingkat pemula dengan kriteria; a. Hanya untuk warga negara Indonesia, dengan bukti KTP atau paspor Indonesia. b. Minimal telah memiliki 1 karya film pendek yang telah ditayangkan kepada umum yang tidak terhubung dengan tim produksi. c. Memiliki rencana produksi film selanjutnya, untuk diproduksi pada tahun 2024.

2.1.2 Batas usia a. Produser berusia minimal 21 tahun. Mengacu pada Pasal 4, UU Kewarganegaraan Republik Indonesia. b. Tidak ada batasan usia untuk posisi lainnya c. Tidak ada batasan usia maksimum.

2.1.3 Kemampuan berkomunikasi a. Calon peserta harus mampu berkomunikasi melalui email dan WhatsApp. b. Memiliki akses internet yang baik untuk proses komunikasi. c. Kemampuan komunikasi ini akan mempengaruhi keputusan penerimaan.

2.1.4 Penanggung jawab kesertaan a. Pendaftaran dilakukan oleh Produser dengan mengisi formulir yang disediakan. b. Produser menjadi kontak utama tim produksi dan bertanggung jawab atas kepesertaannya bilamana terpilih dalam “MINIKINO SHORTS UP”

2.2 PERSYARATAN KHUSUS

2.2.1 Dokumen-dokumen yang dipersiapkan sebelum pendaftaran a. Scan KTP kedua calon peserta. b. Foto diri kedua calon peserta, dalam posisi formal dan wajah terlihat jelas. c. Surat pernyataan; menyatakan bahwa dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, mampu bersikap terbuka untuk kritik-kritik dan ide baru, dan siap mengikuti rangkaian acara (sesuai klausa 1.2 KALENDER ACARA TAHUN 2024) bilamana terpilih. Template/contoh surat pernyataan bisa diunduh di https://minikino.org/fm_MTNPaktaIntegritas d. Link preview 1 (satu) karya film yang telah ditayangkan kepada penonton umum, beserta kelengkapan informasi pendukungnya e. Dokumen menjelaskan proyek film pendek yang direncanakan untuk tahun 2024, template/contoh dokumen diunduh di https://minikino.org/fm_MTNProduksi2024

2.2.2 Persyaratan rencana produksi film fiksi/animasi/fiksi eksperimental; Durasi maksimum 15 menit, dalam tahap pra-produksi dan/atau pasca-produksi

2.2.3 Persyaratan rencana produksi film dokumenter/dokumenter eksperimental; Durasi maksimum 15 menit, khusus untuk yang berada dalam tahap pasca-produksi.

2.2.4 Satu tim produksi diwakilkan oleh dua orang a. Satu tim produksi hanya diwakilkan oleh 1 (satu) orang produser dan 1 (satu) orang penulis. b. Bila produser merangkap penulis, tersedia 1 slot yang bisa diisi oleh posisi lain di dalam produksi tersebut.

KESEPAHAMAN, HAK & KEWAJIBAN PESERTA

3. KESEPAHAMAN, HAK & KEWAJIBAN PESERTA

3.1 Penyelenggara Acara

SHORTS UP diselenggarakan oleh Minikino di bawah naungan legal Yayasan Kino Media, atas kerja sama dan dukungan pembiayaan dari Manajemen Talenta Nasional, Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemdikbudristek RI.

3.2 Jumlah peserta terpilih

a. Terbatas untuk 8 (delapan) tim produksi terpilih untuk mengikuti rangkaian pelatihan. b. 2 (dua) orang sebagai produser dan penulis (dan/ atau posisi lainnya) dari masing-masing tim produksi terpilih mendapat pembiayaan penuh untuk perjalanan dan akomodasi, mengikuti seluruh rangkaian pelatihan pada klausa No. 1.2 KALENDER ACARA TAHUN 2024

3.3 Keputusan Pemilihan

a. Keputusan diambil bersama-sama tim Minikino dan representatif dari Manajemen Talenta Nasional, Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemdikbudristek RI dalam sebuah musyawarah untuk menuju kesepakatan. b. Keputusan panitia adalah mutlak dan tidak untuk dipertanyakan.

3.4 Diskualifikasi

Rangkaian SHORTS UP akan memberlakukan sistem gugur dan atau diskualifikasi, bila terjadi pelanggaran kesepakatan. Keputusan diskualifikasi sepenuhnya hak panitia.


Email: shortsup@minikino.org

Related post


Top