Home / FAQ about Minikino

FAQ about Minikino

FAQ (Frequently Asked Question). Berikut adalah daftar pertanyaan yang sering diajukan kepada kami

PERTANYAAN UMUM

Apakah definisi 'film pendek'?

Definisinya lebih daripada sekedar film yang berdurasi pendek. Sama seperti membandingkan novel dan cerpen atau bahkan puisi pendek, ada perbedaan yang besar pada struktur dan cara bercerita. Yang pasti, film pendek bukan sekedar film panjang yang disingkat atau dipotong. Cerpen atau puisi juga bukan sekedar potongan dari novel kan?

Film pendek, seperti puisi atau cerita pendek, adalah karya mandiri dengan kekuatan literatur tersendiri.

Berapakah durasi standard 'film pendek'?

Tidak ada satu standard durasi untuk film pendek, sama halnya tidak ada sebuah standard resmi panjang-pendek sebuah cerpen. Setiap karya film pendek akan menentukan standard durasinya sesuai kepentingan masing-masing. Demikian juga persyaratan standard durasi untuk festival film pendek.

Untuk apa 'film pendek' dibuat?

Alasannya tentu beragam, mulai dari coba-coba sampai alasan profesional. Setiap seniman punya alasannya sendiri untuk membuat karya. Banyak karya penting dalam sejarah film adalah film pendek. Indonesia juga memiliki karya-karya film pendek yang dianggap penting bagi perkembangan sejarah film di Indonesia.

Umumnya film pendek tidak dibuat untuk theatre release, yaitu film yang diproduksi untuk memenuhi slot tayangan di bioskop komersil. Film pendek memiliki pertimbangan diseminasi, distribusi dan wilayah pemasarannya sendiri. Salah satunya adalah; festival film, terutama festival film yang memang berfokus pada film pendek.

Karya film pendek lebih dekat pada defnisinya sebagai produk budaya dan karya seni daripada komoditi komersil. Namun di negara-negara yang telah memiliki ekosistem perfilman yang kuat, film pendek punya kesempatan untuk menjadi komoditi komersil. Salah satu kemungkinan untuk menampilkan film pendek di bioskop komersil adalah dengan cara diselipkan sebagai tayangan pembuka sebuah tayangan theatre release.

Berdasarkan sejarah film, kapankah 'film pendek' mulai dibuat?

Ketika kamera film pertama kali diciptakan, kira-kira di akhir 1800-an, kemudian berkembang sampai awal 1900-an, semua film yang dihasilkan di masa ini adalah film pendek. Jadi, film pendek adalah format awal dari sejarah film itu sendiri.

Apakah definisi 'program film pendek'?

Sekumpulan film pendek yang sudah dipilih dan disusun dalam urutan tayang tertentu. Pemilihan dan penyusunan ini melalui kesadaran pemikiran dan pertimbangan tertentu. Sebuah program film pendek dibuat dengan tujuan untuk dinikmati utuh dari urutan film pertama sampai urutan terakhir. Orang yang menyusun program film pendek disebut “Programmer”. Programmer film pendek dituntut memiliki wawasan dan kepekaan tertentu dalam menyusun program sehingga film-film pendek yang ditayangkan menjadi semakin menarik, semakin bermakna untuk ditonton dan dibicarakan.

Umumnya sebuah program film pendek berfokus (atau mengusung) tema tertentu. Misalnya ‘kumpulan film berdurasi 1 menit’ atau dengan ‘kumpulan film-film pendek Horror”, atau fokus-fokus khusus lainnya. Sebuah program film pendek biasanya dibuat untuk kepentingan acara menonton bersama, namun bisa juga untuk kepentingan lain yang lebih khusus.

Apakah 'festival film pendek' itu?

Festival film yang berfokus pada film pendek, dengan panjang maksimum film yang ditentukan.

Sebuah festival film pendek diselenggarakan sebagai presentasi lebih lanjut bagi karya-karya film pendek. Biasanya diadakan di satu atau lebih tempat pemutaran film, biasanya terjadi di dalam satu kota atau wilayah. Belakangan, festival film pendek juga menyelenggarakan pemutaran film di luar ruangan. Karya film pendek yang tampil, mungkin dari produksi terbaru dan juga tergantung pada fokus festivalnya, juga bisa mencakup produksi internasional, nasional atau bahkan lokal.

Beberapa festival film berfokus pada genre tertentu (mis. Film noir, animasi, dokumenter) atau pokok permasalahan tertentu (mis. lingkungan hidup, hak asasi manusia, atau festival aktivisme lainnya). Sebagian besar festival film juga memiliki acara pelengkap, diskusi film, lokakarya, forum, serta acara pertemuan lainnya. Festival Film Pendek biasanya merupakan acara tahunan.

Di antara festival film pendek terkenal terbesar dan tertua di dunia adalah;

  • Internationale Kurzfilmtage Oberhausen (Jerman, sejak 1954)
  • Clermont-Ferrand International Short Film Festival (Prancis, sejak 1979)
  • Tampere Film Festival (Finland, sejak 1969)

Daftar ini diambil dari http://shortfilmconference.com/members/ mempertimbangkan usia dan perjalanan festival. Short Film Conference (SFC) saat ini masih satu-satunya konferensi festival film pendek global. Setiap tahun para anggotanya mengadakan pertemuan untuk memperbaharui kode etik festival.

 

TANYA TENTANG MINIKINO

Minikino itu apa?

Singkatnya; Minikino adalah festival film pendek.

Lebih panjang; Minikino adalah sebuah organisasi yang menyelenggarakan festival film pendek, termasuk semua kegiatan lainnya yang mendukung perkembangan festival tersebut, termasuk di dalamnya adalah riset dan edukasi.

Minikino berada di mana?

Sejak 2010 sampai sekarang lokasi fisik kantor Minikino dinyatakan berada di Denpasar, tepatnya di Yayasan Kino Media, jl. Pulau Madura no.5, Denpasar, Bali. Sebagian besar aktifitas Minikino terpusat di sini. Namun karena jaringan kerja yang telah terbentuk, kegiatan yang terhubung dengan Minikino menjangkau area yang luas ke nasional dan manca negara.

Pada masa awal operasionalnya, Minikino pernah tidak terikat pada satu lokasi fisik karena semua perkerjaan dilakukan secara mobile dan online, dan semua relawan yang mendukung juga tersebar. Kemudian di satu era (2004 – 2009) Minikino juga pernah menjadi rekan kerja dan diberikan sebuah meja di kantor JiFFest (Jakarta International Film Festival). Pada masa itu, database film berupa kaset-kaset dan disk digital sebagian tersimpan di Bali dan di Jakarta.

Minikino sejak kapan?

Nama Minikino mulai digunakan dan aktif berkegiatan sejak 2002, di Bali

Apa arti nama Minikino?

Minikino bisa dipahami sebagai nama yang terdiri dari 2 kosa kata. Mini artinya kecil atau mungil, Sedangkan Kino adalah istilah dari bahasa latin yang berhubungan dengan sinema. Misalnya di Jerman, kino berarti bioskop (sumber: google translate)

Apa saja kegiatan Minikino sepanjang tahun?

Saat halaman FAQ ini dibuat (Januari 2020) Minikino memiliki berbagai kegiatan yang berulang setiap tahun, bahkan setiap bulan.

Kegiatan Festival film pendek;

  • Minikino Monthly Screening & Discussion, setiap bulan (sejak 2002 sampai sekarang)
  • Minikino Open December, setiap bulan Desember (sejak 2003 sampai sekarang)
  • Minikino Film Week, tahunan (sejak 2015 sampai sekarang)

Kegiatan berjejaring kerja;

  • S-Express, jaringan kerja negara-negara Asia Tenggara (sejak 2003 sampai sekarang)
  • Indonesia Raja, jaringan kerja Nasional, pertukarang film pendek antar wilayah (sejak 2015 sampai sekarang)

Kompetisi;

Saat ini Minikino memiliki sebuah kompetisi nasional yang diadakan tahunan; “BEGADANG FILMMAKING COMPETITION”. Kompetisi ini terintegrasi dengan festival Minikino Film Week.

Kegiatan lain;

Minikino secara aktif bekerja sama dengan berbagai badan, untuk memberikan seminar, presentasi dan lokakarya. Selain itu, Minikino Film Week sebagai sebuah festival tahunan yang berskala Internasional memiliki berbagai sub-kegiatan yang tidak bisa dicantumkan satu-persatu di sini.

Siapa yang membuat Minikino?

Minikino dirancang dan dijalankan pada tahun 2002 oleh para pendirinya; Tintin Wulia, Kiki Muchtar dan Judith Guritno. Saat ini mereka bertiga sudah tidak aktif di dalam organisasi,

Bagaimana cara submit film pendek saya ke Minikino?

Untuk festival Minikino yang mana?

  • Untuk submit ke Minikino Monthly (MMSD)? melalui https://filmfreeway.com/MinikinoMonthlyScreenings
  • Untuk Minikino Film Week (MFW)? melalui https://filmfreeway.com/MINIKINOFILMWEEK atau ShortFilmDepot
  • Untuk Open December? harus datang langsung pada saat acara (baca persyaratannya dulu). Tidak ada pendaftaran yang dilakukan sebelum acara.
  • Untuk S-Express? tidak ada pendaftaran, Minikino mengundang karya-karya yang ada dalam database.
  • Untuk Indonesia Raja? pendaftaran dilakukan melalui masing-masing programmer di wilayah kerjanya.
  • Untuk Begadang Filmmaking Competition? …setiap tahun, tunggu saja pengumumannya. Cara paling mudah adalah follow salah satu account sosmed Minikino. Pengumumannya nggak pernah disembunyikan, karena kami ingin peserta sebanyak mungkin.
  • Untuk masuk ke database Minikino? Apabila karya kamu terdaftar di salah satu festival di atas, otomatis akan berada dalam database Minikino.

Semua pendaftaran film akan melalui seleksi, sesuai dengan kepentingan festivalnya.

Bagaimana cara Minikino menutup biaya operasional?

Minikino bernaung dibawah bentuk legal Yayasan Kino Media. Sebagian biaya operasional ditutup melalui bantuan banyak sumber, pendanaan swasta, sponsor, juga sesekali mendapat pendanaan pemerintah dari proyek-proyek khusus. Bentuk bantuannya juga sangat beragam, tidak sekedar bantuan finansial tapi juga bantuan barang, fasilitas dan akses-akses khusus.

Namun bantuan paling signifikan/terbesar yang membuat Minikino terus berkembang adalah sumbangan tenaga, waktu dan pikiran yang berdedikasi dari komite inti dan jaringan kerjanya. Komite minikino terdiri dari para sukarelawan profesional, seniman, dan penggemar film yang bekerja lembur untuk mendukung aktifitas organisasional.

Saya ingin menjadi relawan di Minikino, caranya?

Berkomunikasi dengan kami, hubungi info@minikino.org dan memperkenalkan diri

Saya ingin magang di Minikino, bisakah?

Bisa, silahkan mengisi form magang ini; https://forms.gle/xzw95nx8wtcRB35r9

Top