Home / S-EXPRESS INDONESIA

S-EXPRESS INDONESIA

S-Express adalah sebuah kegiatan pertukaran Program Film Pendek yang dimulai pada tahun 2002 oleh Yuni Hadi (Singapura), Amir Muhammad (Malaysia) dan Chalida Uabumrungjit (Thailand). Ini adalah kegiatn tahunan dalam bentuk program pertukaran film pendek yang dilakukan pada skala regional di Asia Tenggara.

Minikino bergabung dengan jaringan S-Express pada tahun 2003, membuka pintu distribusi program film pendek Indonesia ke negara-negara tetangga di kawasan Asia Tenggara. Program yang disusun untuk gerakan pertukaran ini diberi imbuhan nama negara dari mana program tersebut berasal. Setiap tahun Minikino mengirimkan program S-Express: Indonesia untuk berkeliling selama kurun waktu satu tahun, ke pemutaran-pemutaran dan festival di setiap negara Asia Tenggara yang terlibat.

Proses programming yang dilakukan setiap tahun hanya melalui undangan langsung ke para filmmaker dan/atau produser film pendek. Tidak ada open submission/pendaftaran terbuka yang dilakukan.

Di Indonesia, program-program dari S-Express pernah diadopsi menjadi program tetap di Jakarta International Film Festival selama beberapa tahun, sebelum kemudian menjadi sesi rutin juga pada Pemutaran dan Diskusi Bulanan Minikino (MMSD). Akhirnya sejak tahun 2015 program-program S-Express mendapat naungan yang baru lagi, menjadi bagian tetap dalam festival film tahunan, Minikino Film Week.

Sampai saat ini, S-Express masih merupakan satu-satunya jalur pertukaran program film pendek yang menghubungkan negara-negara ini di Asia Tenggara. Untuk setiap negara yang terlibat, proyek tahunan S-Express memiliki makna yang berbeda-beda, dan lebih jauh lagi merupakan bagian penting dari sejarah perkembangan film pendek di Asia Tenggara.

S-Express masih merupakan gerakan paling penting untuk produksi film pendek di Asia Tenggara, dengan jaringan kerja yang luar biasa dan penting untuk dicatat.

Top