Home / Begadang Filmmaking Competition

Begadang Filmmaking Competition

ELEMEN WAJIB 2020, di buka 25 Juli 2020, 08:00 WITA
LIHAT

BEGADANG FILMMAKING COMPETITION

Begadang Filmmaking Competition adalah kompetisi produksi film pendek Nasional atau untuk pemegang paspor Indonesia di mana saja berada! Menantang kelompok produksi film pendek Indonesia yang sedang berada di mana saja, untuk menggarap sebuah proyek film pendek fiksi dengan ruang kreativitas seluas-luasnya. Namun dalam waktu terbatas hanya 34 jam.

Kompetisi ini adalah ajang uji soliditas tim kerja yang tahan banting dan siap bersaing! Sebuah pengalaman dunia nyata, bagaimana para profesional di industri film dan televisi bekerja! Mau coba?

BATAS WAKTU PRODUKSI SEBAGAI SYARAT

Kompetisi Begadang Filmmaking adalah kompetisi yang unik. Pada waktu yang ditentukan, para peserta akan mendapatkan daftar elemen audio visual yang wajib jadi bagian dalam film. Peserta dituntut memproduksi film berdurasi maksimal 5 menit menggunakan elemen-elemen tersebut. Dan seluruh proses produksi dijalankan dan harus sudah diserahkan waktu 34 jam.

Selama 34 jam para, peserta melakukan seluruh proses produksi; mulai dari membangun cerita, merancang adegan, shooting dan merekam suara, kemudian proses editing dan finalisasi. Dan mengejar kualitas hasil semaksimal mungkin.

DAFTAR PESERTA

TIM PRODUKSI LOKASI
CATastrophe Productions New York
Varuna Creative Studios Bali
Caterpillar Studios Bali
Tumbal Production Bali
FLYHIGHSPACE DKI Jakarta
Viertaint Creative Bali Bali
Novos Orbiz Banten
Produksi Kecil Bali
Lensed DKI Jakarta
Good Luck Production Jawa bara
FIBER Production DKI Jakarta
YPS STUDIOS PICTURES SUMATERA UTARA
Gunungan Cine Jawa Timur
NEXT PROJECT Jawa Tengah
Ninetysix Production Bali
Menjangan Production Bali
RKD02 Bali
Satu Frekuensi Films Bali
12 Before Asleep D.I Yogyakarta
Hard Work Production DKI Jakarta
Hore Besok Libur! Banten
Niskala Production Bali
Media Siswa DKI Jakarta
Locomotive Pictures Jawa Timur
Kopi Malam Banten
DINO IKI Banten
Dialectica Jawa Barat
Arindra Production Jawa Timur
Matamual Sumatera Utara


Baca FAQ (Frequently Asked Questions / Pertanyaan yang sering diajukan)

PENDAFTARAN

Detail persyaratan dapat didownload dalam bentuk pdf di sini https://minikino.org/aturan-BEGADANG2020
Form pendaftara dilengkapi secara online di link ini https://minikino.org/form-begadang

Informasi dan tanggal penting untuk diperhatikan;

  • Biaya pendaftaran BEGADANG FILMMAKING COMPETITION 2020 adalah Rp. 150.000 (Seratus Limapuluh Ribu Rupiah) untuk 1 tim produksi
  • Pendaftaran BEGADANG FILMMAKING COMPETITION 2020 dibuka Senin, 29 Juni 2020 dan ditutup Sabtu, 18 Juli 2020 jam 18.00 WITA. Silakan pelajari detail persyaratan dan pendaftaran.
  • Seluruh peserta yang mendaftar akan diumumkan pada tanggal 19 Juli 2020 untuk tetap berkoordinasi dengan posko BEGADANG.
  • Produksi peserta akan dimulai pada Sabtu 25 Juli 2020, jam 8:00 WITA. Dan film hasil produksi harus sudah di kirimkan ke posko BEGADANG sebelum 26 Juli 2020, jam 18:00 WITA

DETAIL PERSYARATAN

Detail persyaratan dapat didownload dalam bentuk pdf di sini https://minikino.org/aturan-BEGADANG2020

Pendaftaran dibuka Senin, 29 Juni 2020 dan ditutup Sabtu, 18 Juli 2020 jam 18.00 WITA. Harap segera mengisi dan melengkapi semua materi pendaftaran sebelum tanggal pendaftaran berakhir.
Form online: https://minikino.org/form-begadang

1. DOKUMEN YANG DIPERLUKAN SEBELUM MULAI MENGISI FORM
1.1. Foto diri
1.2. Scan KTP / Paspor
1.3. Melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp.150.000,- (Seratus Limapuluh Ribu Rupiah) untuk dilakukan sebelum mengisi formulir pendaftaran Transfer dengan berita “BEGADANG + [nama pendaftar]” ke rek. YAYASAN KINO MEDIA, CIMB NIAGA acc no.800147750800
1.4. BUKTI TRANSFER disertakan saat mengisi form pendaftaran.

2. KETENTUAN & INFORMASI UMUM
2.1. Pendaftaran hanya dilakukan oleh koordinator / pimpinan produksi / produser dengan mengisi formulir yang disediakan.
2.2. Pimpinan produksi harus berusia minimal 18 tahun dan telah memiliki KTP atau Passport Indonesia. Mengacu pada Pasal 4, UU Kewarganegaraan Republik Indonesia.
2.3. Oleh karena poin 1 dan 2, peserta dengan usia di bawah 18 tahun (atau belum ber KTP) hanya bisa mengikuti kompetisi bila didampingi oleh pembina dewasa yang memiliki KTP.
2.4. Nama kelompok produksi terdaftar harus sama dengan yang akan tercantum dalam kredit film.
2.5. Nama koordinator/pimpinan tim dan data yang dicantumkan adalah kontak utama kelompok produksi, yang bertanggung jawab mewakili kelompok dalam kepesertaannya dalam kegiatan “BEGADANG FILMMAKING COMPETITION”
2.6. Pendaftaran dibuka pada Senin, 29 Juni 2020 dan ditutup Sabtu, 18 Juli 2020 jam 18.00 WITA.
2.7. Untuk semua zona waktu yang berbeda tetap mengacu pada zona waktu WITA (GMT/UTC +8)
2.8. PESERTA harus mampu aktif berkomunikasi dengan baik melalui EMAIL & Whatsapp (Hp)
2.9. WAJIB Memiliki akses internet yang baik untuk proses komunikasi dan pengiriman film. Kendala koneksi internet peserta, diluar tanggung jawab panitia.
2.10. Melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp.150.000,- (Seratus Limapuluh Ribu Rupiah) dilakukan sebelum mengisi formulir pendaftaran
Transfer dengan berita “BEGADANG + [nama pendaftar]”
ke YAYASAN KINO MEDIACIMB NIAGA
acc no.800147750800
2.11. Pendaftaran setelah Sabtu, 18 Juli 2020 jam 18.00 WITA dianggap terlambat dan biaya yang telah terbayar akan dikembalikan seutuhnya kepada pengirim.

3. PANDUAN UNTUK PERSIAPAN PRA-KOMPETISI
Hal-hal ini dapat dipersiapkan lebih awal untuk menghindari kendala-kendala yang tidak perlu.
3.1. Mengorganisir tim PRODUKSI FILM (atau ANIMASI juga diperbolehkan) sesuai keperluan.
3.1.1. Penulis
3.1.2. Sutradara
3.1.3. Kamera, audio recordist, art & props (sesuai kebutuhan)
3.1.4. Editor
3.1.5. Pengisi musik
3.1.6. Crew pendukung lainnya (sesuai kebutuhan)
3.1.7. Pemain.
3.1.8. Peralatan.
3.1.9. Lokasi dan ijin penggunaan lokasi.
3.2. Koordinasi teknis dan testing pengiriman file; Dengan koordinasi, panitia bersedia membantu melakukan tes koneksi internet.
*instruksi akan disampaikan panitia terhadap peserta yang telah mendaftar dan menyelesaikan biaya administrasi pendaftaran.
3.3. Pastikan TIM PRODUKSI siap untuk bekerja membuat film, mulai Sabtu 25 Juli 2020, jam 8:00 WITA sampai 26 Juli 2020, jam 18:00 WITA.

Elemen audio visual yang DIRAHASIAKAN akan DIBUKA SERENTAK kepada seluruh peserta pada saat kompetisi di mulai yaitu tepat pada Sabtu 25 Juli 2020, jam 8:00 WITA. Elemen Audio Visual ini wajib di implementasikan ke dalam cerita dan karya film sebagai syarat penilaian.

4. DISCLAIMER/PERNYATAAN YANG PERLU DISETUJUI PESERTA
4.1. KOORDINATOR/PEMIMPIN DAN TIMNYA seperti tercantum di atas, selanjutnya disebut PESERTA, sehubungan dengan partisipasi peserta dalam kompetisi “BEGADANG FILMMAKING COMPETITION” sesuai dengan ketentuan kompetisi yang berlaku dalam kompetisi tersebut.
4.2. BEGADANG FILMMAKING COMPETITION diselengarakan oleh MINIKINO yang berada dibawah naungan YAYASAN KINO MEDIA selanjutnya disebut MINIKINO, yang menjadi rangkaian Festival Film Pendek Internasional – Minikino Film Week 6, Bali 4 – 12 September 2020.
4.3. PESERTA telah memahami waktu dan durasi kegiatan kompetisi “BEGADANG FILMMAKING COMPETITION”, yaitu diselengarakan pada Sabtu 25 Juli 2020, jam 8:00 WITA s/d 26 Juli 2020, jam 18:00 WITA. (2 hari/34 jam) bertempat di lokasi masing-masing peserta.
4.4. PESERTA dari wilayah waktu yang berbeda tetap mengacu pada wilayah waktu Indonesia Tengah (WITA) atau (GMT +8)
4.5. PESERTA dengan ini menyatakan bahwa telah membaca dan setuju untuk mematuhi semua peryaratan dan ketentuan yang tercantum dalam laman resmi BEGADANG FILMMAKING COMPETITION (www.minikino. org/begadang). Dan telah memahami bahwa MINIKINO sebagai panitia penyelenggara diberikan ijin untuk menyeleksi film hasil kompetisi, untuk ditayangkan kepada publik.
4.6. PESERTA bertanggung jawab sepenuhnya atas seluruh crew, pemain, lokasi, peralatan, biaya yang timbul, kerusakan dan hal-hal lainnya berkenaan dengan kepesertaan kelompoknya dalam “BEGADANG FILMMAKING COMPETITION”.
4.7. Akan dipilih 4 (empat) KARYA FINALIS “BEGADANG FILMMAKING COMPETITION”. PERWAKILAN DARI PARA FINALIS akan mendapat undangan untuk datang ke Bali dengan biaya sendiri, untuk menghadiri acara PENGUMUMAN PEMENANG akan dilakukan saat Closing Event Awarding Night MINIKINO FILM WEEK 6 – Bali, 12 September 2020.
4.8. 4 (Empat) FINALIS, masing-masing mendapatkan subsidi:
4.9. 1. Tanggungan penginapan untuk 2(dua) orang, untuk 2(dua) malam, pada tanggal 11 – 12 September 2020.
4.10. 2. 2(dua) Festival pass All Access, untuk menghadiri malam penutupan dan awarding night.
4.11. 1(SATU) pemenang berhak untuk mendapatkan hadiah sejumlah uang dan sertifikat, dengan detail;
4.12. Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah). (Hadiah tetap akan dikirimkan kepada yang berhak, walaupun berhalangan hadir di Bali)
4.13. PESERTA bertanggung sepenuhnya atas hak kekayaan intelektual untuk gambar, suara, musik yang digunakan dalam film dan / atau menyatakan siap mengurus perijinan / surat perijinan bilamana diperlukan, yang tidak terbatas pada pernyataan crew, lokasi, karya seni dan sebagainya.
4.14. PESERTA menegaskan bahwa perijinan tersebut memungkinkan PESERTA dan/atau MINIKINO untuk menggunakan hak sebagaimana telah ditetapkan dalam peraturan dan akan melindungi dan membebaskan MINIKINO dari semua gugatan, biaya, Kerusakan, biaya dan kewajiban yang timbul dari penciptaan, penggunaan, partisipasi, pameran dan eksploitasi (termasuk namun tidak terbatas pada klaim atas kelalaian dan kerugian, diskriminasi, kecurangan, pelanggaran dan pelanggaran kontrak lainnya) dari karya film PESERTA.
4.15. Dengan menjadi peserta “BEGADANG FILMMAKING COMPETITION”, Peserta memberikan lisensi eksklusif kepada MINIKINO untuk menggunakan Karya Film PESERTA dengan persyaratan sebagai berikut:
4.15.1. Wilayah: INTERNASIONAL
4.15.2. Jangka waktu: Sampai dengan 3 September 2021
Hak Ijin:
(i) Untuk mempublikasikan, mempromosikan, menyaring, menunjukkan, memamerkan, dan atau menyiarkan secara non-komersil sebagaimana telah ditetapkan dalam peraturan. Penggunaan secara komersil akan diatur dalam perjanjian terpisah.
(ii) Untuk menggunakan potongan Film (maksimal) 10% untuk kepentingan promosi, publikasi, pameran dan siaran non-komersil lainnya.
4.15.3. PESERTA MEMILIKI HAK-HAK NON-EKSKLUSIF DAN TIDAK DAPAT DIALIHKAN:
(i) Kembali menyertakan karya film tersebut pada festival film & kompetisi lain, SETELAH PEMENANG “BEGADANG FILMMAKING COMPETITION” DIUMUMKAN pada tanggal 12 September 2020;
(ii) Menayangkan Film pada acara penayangan film Lokal/Nasional/ Internasional setelah pemenang “BEGADANG FILMMAKING COMPETITION” DIUMUMKAN tanggal 12 September 2020;
(iii) Menyiarkan trailer atau bagian Film maksimal 10% dari keseluruhan durasi film secara gratis ke situs web pribadi atau di situs web pihak ketiga manapun untuk penayangan Internet, sejak Film dikirimkan, selama Film atau bagiannya tetap menyertakan logo dan atau text “BEGADANG FILMMAKING COMPETITION” sesuai dengan yang dipersyaratkan.
(iv) Menyiarkan Film secara gratis ke situs web pribadi atau tim peserta atau secara gratis di situs web pihak ketiga manapun untuk penayangan Internet, setelah masa 24 bulan terhitung sejak Film dikirimkan, selama Film atau bagiannya tetap menyertakan logo dan atau text “BEGADANG FILMMAKING COMPETITION” sesuai dengan yang dipersyaratkan.
(v) Mendistribusikan Karya Film ini secara gratis melalui media fisik setelah masa 24 bulan terhitung sejak Film dikirimkan;
(vi) Menggunakan Film dalam sebuah proyek lain untuk mempromosikan Team Leader, Team atau anggota tim manapun, selama Film atau bagiannya tetap menyertakan logo dan atau text “BEGADANG FILMMAKING COMPETITION” sesuai dengan yang dipersyaratkan.
4.16. PESERTA, termasuk tim produksi dengan ini memahami bahwa keikutsertaan dalam “BEGADANG FILMMAKING COMPETITION” tidak memiliki remunerasi atau kompensasi apapun.
4.17. Pertimbangan untuk berpartisipasi dalam “BEGADANG FILMMAKING COMPETITION” dan hak-hak yang diakuisisi oleh Minikino sesuai dengan kesepakatan ini adalah;
4.17.1. Pemutaran Film Peserta yang telah selesai dan melalui tahap seleksi;
4.17.2. Dan kemungkinannya, dan/atau bukan kewajiban Minikino, untuk pemutaran domestik dan Internasional di masa depan;
4.17.3. Selanjutnya, kesempatan untuk publisitas yang sejalan dengan kepentingan Peserta.

Top